SOAL UJIAN
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas
|
:
|
IX (sembilan)
|
Hari, Tanggal
|
:
|
|
Waktu
|
:
|
120 menit (07.00-09.00)
|
Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 01 dan 02!
(1)
Lingkungan hidup adalah
meliputi berbagai makhluk hidup dengan seluruh komponen disekitarnya. (2) Komponen ini meliputi komponen
fisik, kimia, sosial budaya, komponen alam lainnya.
(3) Makhluk hidup tidak hanya tinggal secara pasif.
Mereka secara terus-menerus berinteraksi dengan berbagai komponen yang ada di
sekitarnya. Interaksi tersebut berupa saling mempengaruhi baik secara positif
maupun negatif. Terutama tindakan manusia sebagai makhluk hidup yang sangat
berpengaruh terhadap lingkungannya.
(4)
Lingkungan hidup sebagai
komponen penting bagi kelangsungan hidup manusia, maka perlu dijaga
kelestariannya. Dengan sikap bijaksana menyadari akan pentingnya lingkunan
hidup, maka manusia wajib menjaga kelestariannya.
|
01. Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks tersebut
adalah ….
A.
Siapakah yang membuat
definisi lingkungan hidup?
B.
Mengapa manusia
digolongkan sebagai makhluk hidup?
C.
Siapakah yang tinggal
secara pasif di lingkungan hidup?
D.
Bagaimanakah seharusnya
sikap manusia terhadap lingkungan?
02. Kalimat yang menyatakan deskripsi bagian dalam teks tersebut
ditandai dengan nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 03 dan 04!
Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke
masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai usia
21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Oleh karena
itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan
minatnya pada kegiatan-kegiatan positif.
Pendidikan karakter ini dapat membentuk remaja
menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan berprestasi mereka diajarkan nilai
religius yang menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang
peka terhadap lingkungan sosial. Pendidikan berkarakter yang dapat diberikan
pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun,
dan peduli. Dalam pendidikan karakter itu mereka diajarkan juga nilai suka
bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Itulah
sebabnya pendidikan karakter sangat penting bagi remaja.
|
03. Gagasan utama paragraf kedua teks tersebut adalah ….
A.
pentingnya pendidikan karakter
bagi remaja
B.
hubungan pendidikan
karakter dengan prestasi
C.
pendidikan karakter
membentuk remaja mandiri
D.
hal-hal yang diajarkan
dalam pendidikan karakter
04. Simpulan isi teks tersebut adalah ….
A.
Remaja adalah masa
transisi dari anak-anak ke masa dewasa.
B.
Pendidikan berkarakter sangat
penting bagi remaja agar berprestasi.
C.
Remaja adalah masa
transisi yang memerlukan perilaku dan berprestasi.
D.
Pendidikan berkarakter
mengajarkan religius, lingkungan sosial dan kemandirian.
Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 05 dan 06!
(1) Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang
terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba
yang menciptakan gelombang seismik. (2)
Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). (3) Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi
yang di alami selama periode waktu. (4)
Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer.
|
05. Peristiwa yang dijelaskan dalam teks tersebut adalah ….
A.
gempa bumi
B.
pelepasan energi
C.
gelombang seismik
D.
pergerakan kerak bumi
06. Kalimat pemilihan dalam teks tersebut ditandai dengan nomor
….
A.
(4)
B.
(3)
C.
(2)
D.
(1)
Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 07 dan 08!
(1) Ibu mengusap rambutku ke belakang. Lalu mengecup
ubun-ubunku. Kemudian Ibu bercerita tentang Bapak. Kata Ibu, Bapak sangat
sayang padaku. Hanya saja, Bapak tidak suka bila aku berbuat nakal.
(2) “Maka dari itu, kamu tak boleh nakal lagi, yang
nurut, ya, sama Bapak!”
(3) Aku jadi sangsi pada perkataan Ibu, bukankah selama
ini aku selalu menuruti perkataan Bapak. Bahkan, ketika Bapak menyuruhku
mengambil makanan yang jatuh di kolong meja makan lalu memakannya, aku
menuruti. (4) Tentu Ibu tidak tahu
karena belum pulang kerja.
|
07. Bukti watak tokoh Ibu
penyayang dalam teks ditandai dengan nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
08. Penyebab konflik pada teks tersebut adalah ….
A.
Tokoh aku nakal
B.
Ibu membela Bapak
C.
Bapak tidak sayang padaku
D.
Ibu bekerja mencari
nafkah
Bacalah kedua teks berikut!
Teks I:
Hutan
bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air
payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya
di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik
di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara
sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.
|
Teks II:
Tari
Sekapur Sirih merupakan tarian selamat datang kepada tamu-tamu besar di
Provinsi Jambi dan Riau.Keagungan dalam gerak yang lembut dan halus menyatu
dengan iringan musik serta syair yang ditujukan bagi para tamu. Menyambut
dengan hati yang putih muka yang jernih menunjukkan keramahtamahan bagi
tetamu yang dihormati. Tari ini menggambarkan ungkapan rasa putih hati
masyarakat dalam menyambut tamu.
|
09. Perbedaan judul kedua teks tersebut adalah ….
Teks
1
|
Teks
2
|
|
A
|
Kehutanan
|
Provinsi Jambi
|
B
|
Fungsi Mangrove
|
Tari Tradisional
|
C
|
Terbentuknya Pulau
|
Menyambut Tamu Agung
|
D
|
Hutan Bakau
|
Tari Sekar Sirih
|
Bacalah teks berikut!
(1)
Di taman nasional berbagai
flora dan fauna hidup aman dan alami. (2)
Misalnya orang utan dengan leluasa berayun dari satu dahan ke dahan lain.
(3) Mereka aman dari pemburu dan
mendapat makanan secara bebas. (4) Begitupun
pepohonan hidup alami hingga memberi manfaat bagi kehidupan dan keseimbangan
alam.
|
10. Kata rujukan pada teks tersebut terdapat dalam kalimat yang
ditandai dengan nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
Bacalah teks berikut!
(1)
Remaja mengalami gejolak
emosi karena adanya perubahan fisik dan perkembangan kejiwaannya. (2) Pada masa perkembangan menuju
dewasa ini, remaja memerlukan pengendalian diri yang kuat. (3) Karena remaja sudah mampu
mandiri, tidak perlu bantuan orang tua lagi. (4) Sehingga remaja memerlukan pendidikan karakter agar tidak
terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif.
|
11. Kalimat yang tidak
logis pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A.
(1) C. (3)
B.
(2) D. (4)
Perhatikan data berikut!
Nama :
Pulau Pahawang
Lokasi :
Kecamatan Marga Punduh, Pesawaran, Lampung
Keistimewaan :
Memiliki pesona wisata laut
Kondisi alamnya :
Lautnya jernih, dangkal, dan ombaknya tenang
|
12. Teks hasil observasi yang sesuai dengan data tersebut adalah
…
A.
Berwisata ke Pulau
Pahawang sangat menyenangkan. Pulau kecil yang terletak di Kecamatan Pesawaran,
Kabupaten Marga Punduh itu penuh pesona. Pemerintah menawarkan trip wisata
pesona laut bagi para pelancong asing. Mereka akan dimanjakan oleh pesona alam
dan kuliner.
B.
Berwisata ke Pulau
Pahawang merupakan pilihan tepat. Pulau yang termasuk wilayah Kecamatan Marga
Punduh, Pesawaran, Lampung ini sangat menarik. Pulau ini banyak dikunjungi
karena pesona wisata lautnya yang istimewa. Air lautnya sangat jernih, dan
dangkal, serta ombaknya pun tenang.
C.
Berjalan-jalan ke Pulau
Pahawang, Lampung sangat menarik dan membahagiakan. Kita bisa sekalian
berkunjung dan berbelanja di Kecamatan Marga Punduh, Pesawaran, Lampung. Di
Pulau Pahawang pengunjung akan disuguhi pertunjukan menarik pesona wisata laut.
Objek wisata laut yang jernih, dangkal, dan tenang ombaknya.
D.
Berjalan-jalan bersama
keluarga ke Pulau Pahawang merupakan pilihan tepat. Pulau yang termasuk wilayah
Marga Punduh, Pesawaran, Lampung ini dikelilingi laut. Laut yang dangkal,
airnya jernih, dan ombaknya tenang. Keistimewaan Pulau Pahawang adalah pesona
hasil lautnya sangat menawan.
Bacalah teks berikut!
Tari Yapong adalah tari pergaulan muda-mudi. Tari
Yapong diciptakan oleh seorang seniman, Bagong Kussudiardjo. Nama Yapong berasal dari teriakan
penarinya, “Ya, ya, ya!” dan suara
alat musik pengiring, “Pong!”.
Gerakan tari ini sangat dinamis terutama pada gerakan tangan dan kaki. Tari
kontemporer dari Betawi ini sangat disukai oleh para penari muda.
|
13. Judul yang paling tepat untuk teks tersebut adalah ….
A.
Bagong Kussudiardjo
Pencipta Tari
B.
Yapong Berasal Ya dan
Pong
C.
Pencipta Tari
Kontemporer
D.
Tari Yapong dari Betawi
Bacalah teks berikut!
“Memang, Bapak yakin perempuan yang suka duduk
berlama-lama di tembok selokan itu Rita?” Niken balik bertanya.
Pak Agus tidak langsung menjawab pertanyaan
anaknya. Pandangannya menembus kaca jendela yang masih menyisakan butiran
hujan yang sudah reda sejak ia pulang.
“Kok, diam saja, Pak?” desak Niken.
“Niken, Bapak kan baru pulang, Masih capek,” Nimas
mengingatkan.
Niken mengerti maksud kakaknya itu. Ia beranjak
dengan membawa rasa penasaran, apakah benar perempuan yang suka duduk
berlama-lama di sana, Rita.
|
14. Kutipan dengan sudut pandang berbeda dari cerpen tersebut
adalah ….
A.
Pak Agus tidak langsung
menjawab pertanyaan anaknya. Pandangannya menembus kaca jendela yang masih
menyisakan butiran hujan yang sudah reda sejak ia pulang.
“Memang,
Bapak yakin perempuan yang suka duduk berlama-lama di tembok selokan itu Rita?”
Nimas balik bertanya. “Kok, diam saja, Pak?” desak Nimas.
“Nimas,
Bapak kan baru pulang, Masih capek,” Niken mengingatkan.
Nimas
mengerti maksud kakaknya itu. Ia beranjak dengan membawa rasa penasaran, apakah
benar perempuan yang suka duduk berlama-lama di sana, Rita.
B.
“Memang, Bapak yakin
perempuan yang suka duduk berlama-lama di tembok selokan itu Rita?” Perempuan
itu balik bertanya.
Laki-laki
itu tidak langsung menjawab pertanyaan itu. Pandangannya menembus kaca jendela
yang masih menyisakan butiran hujan yang sudah reda sejak ia pulang.
“Kok,
diam saja, Pak?” desak Perempuan.
“Bu,
Bapak kan baru pulang, Masih capek,” Perempuan yang gendut mengingatkan.
Perempuan
itu mengerti maksud kakaknya. Ia beranjak dengan membawa rasa penasaran, apakah
benar perempuan yang suka duduk berlama-lama di sana, Rita.
C.
“Memang, Kamu yakin
perempuan yang suka duduk berlama-lama di tembok selokan itu Rita?” Bapak balik
bertanya.
Niken
tidak langsung menjawab pertanyaan ayahnya. Pandangannya menembus kaca jendela
yang masih menyisakan butiran hujan yang sudah reda sejak ia pulang.
“Kok,
diam saja, Nik?” desak Bapak.
“Pak, Niken
kan baru pulang, Masih capek,” Nimas mengingatkan.
Bapak
mengerti maksud anak sulungnya itu. Ia beranjak dengan membawa rasa penasaran,
apakah benar perempuan yang suka duduk berlama-lama di sana, Rita.
D.
“Memang, Bapak yakin
perempuan yang suka duduk berlama-lama di tembok selokan itu Rita?” aku balik
bertanya.
Bapak
tidak langsung menjawab pertanyaanku. Pandangannya menembus kaca jendela yang
masih menyisakan butiran hujan yang sudah reda sejak ia pulang.
“Kok,
diam saja, Pak?” desakku.
“Niken,
Bapak kan baru pulang. Masih capek,” Nimas mengingatkan.
Aku
mengerti maksud kakakku itu. aku beranjak dengan membawa rasa penasaran, apakah
benar perempuan yang suka duduk berlama-lama di sana, Rita.
Bacalah teks berikut!
Pasar merupakan pusat transaksi jual beli. Pembeli
biasanya memburu barang bagus dengan harga murah. Seperti di pasar tanah
abang, harga pakaian dipasarkan dengan harga grosir. Harga batik pekalongan
saja ada yang hanya Rp 35.000,00 per potong.
|
15. Perbaikan penulisan huruf kapital pada teks tersebut adalah
….
A.
pusat transaksi jual
beli seharusnya Pusat Transaksi Jual
Beli
B.
di pasar tanah abang seharusnya di Pasar Tanah Abang
C.
dengan harga grosir seharusnya dengan harga Grosir
D.
batik pekalongan seharusnya batik Pekalongan
Bacalah teks berikut!
Tsunami merupakan gelombang pasang yang lebih cepat dan lebih besar dari biasanya yang melaju
ke segala arah. Tsunami umumnya
disebabkan oleh gempa bumi atau gunung meletus yang terjadi di dasar laut.
Tsunami sangat berbahaya karena dapat merengut
korban jiwa serta menimbulkan kerusakan yang cukup parah. Padahal, jika terjadi gempa,
masyarakat di wilayah pantai harus selalu waspada.
|
16. Perbaikan yang paling tepat kalimat tidak padu pada teks
tersebut adalah ….
A.
kata pasang diganti surut
B.
kata segala digantu satu
C.
kata merengut diganti meminta
D.
kata padahal diganti karena itu
Bacalah teks berikut!
Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan.
Hal ini karena pada kenyataannya minat baca masyarakat sangat rendah
dibandingkan dengan masyarakat negara-negara lain. Bahkan kalangan pelajar
pun jauh di bawah minat baca Malaysia atau Thailand.
Upaya peningkatan minat baca ini diharapkan dapat
mendorong penguasaan pengetahuan dan teknologi bangsa. Diharapkan masyarakat
dapat memanfaatkan ketersediaan bahan bacaan yang berlimpah baik berupa
buku-buku maupun artikel-artikel di internet.
|
17. Ringkasan paling tepat dari teks tersebut adalah …
A.
Minat baca masyarakat
harus ditingkatkan untuk mendorong peningkatan daya saing dengan negara lain.
B.
Upaya peningkatan baca
masyarakat harus tetap dilaksanakan sesuai dengan tuntutan dan perkembangan
zaman.
C.
Minat baca masyarakat Indonesia
harus ditingkatkan untuk mendorong penguasaan pengetahuan dan teknologi.
D.
Rendahnya minat baca
masyarakat Indonesia disebabkan terlalu banyaknya ketersediaan buku dan artikel
di internet.
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 18, 19,
dan 20!
Sang tupai sebenarnya sedang menunggu di salah satu
ujung jembatan itu bersama temannya sang kelinci.
“Kita sabar, ya, Ci! Biar selamat semuanya,” kata
tupai kepada kelinci.
Mereka memberi kesempatan kepada kambing hitam yang
datang dari seberang. Saat bersamaan dari arah belakang mereka, muncul seekor
kambing cokelat yang juga akan menyeberang.
Sejenak kambing itu menatap kambing hitam yang
datang dari seberang. Dan dia mulai meniti jembatan itu. Kini kedua ekor
kambing jantang itu sudah sama-sama berdiri pada jembatan yang terbuat dari
sebatang pohon itu. Tentu saja tidak dapat berpapasan. Harus ada yang
mengalah salah satu. Tetapi kedua kambing jantan itu tidak ada yang mau
mengalah. Harga dirinya tidak ingin direndahkan. Kini keduanya saling dorong
agar mundur.
Sementara di antara kedua tebing curam itu sebuah
sungai dengan alirannya yang deras di bawahnya tentu siap menyeret apapun
yang terjatuh ke sana.
“Hai, apa kalian tidak ada yang berjiwa besar untuk
mengalah?” seru sang tupai.
Keduanya tidak ada yang menjawab, malah semakin
kuat saling mendorong. Terus kedua ekor kambing keras kepala itu terjatuh ke
jurang yang dalam. Dan dalam sekejap hilang ditelan derasnya sungai
|
18. Tokoh utama dalam teks fabel tersebut adalah ….
A.
tupai
B.
kelinci
C.
kambing hitam
D.
kambing cokelat
19. Bukti latar suasana menegangkan teks tersebut adalah ….
A.
Kambing cokelat menatap
kambing hitam yang datang dari seberang
B.
Tupai dan kelinci akan
menyeberang namun harus menunggu
C.
Kedua ekor kambing saling
mendorong dan terjatuh ke jurang
D.
Tupai berseru agar
salah satu kambing mengalah
20. Amanat teks fabel tersebut adalah ….
A.
Jangan memelihara
kesombongan karena tidak disukai orang
B.
Lebih baik mengalah daripada
celaka karena keras kepala
C.
Jaga harga diri agar
tidak dipandang rendah oleh orang lain
D.
Saling menolong adalah
ciri manusia yang berbudi luhur
Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 21 dan 22!
(1) Buku
antologi 575 haiku Secangkir Kopi karya
Ujang Kasarung merupakan karya tunggalnya yang keempat. (2) Buku tersebut dicetak oleh Penerbit HaikuKu Bandung, Jawa
Barat. (3) Pengantarnya dibuat
oleh Presiden Haiku Indonesia Diro Aritonang, Bandung sedangkan penutupnya
dibuat oleh Prof. Dr. Endang Kasupardi, M.Pd. dari Garut. (4) Kedua tokoh haiku ini memaparkan
tentang keistimewaan buku ini dan uraian teoretis apa dan bagaimana haiku
dengan jelas dan lengkap. (5) Buku
Secangkir Kopi ini dilengkapi pula oleh belasan haiku dalam gambar atau biasa
disebut haiga yang menarik. (6)
Kalau boleh dikatakan ada yang patut disayangkan adalah pemilihan jenis huruf
pada judul cover yang terlalu kecil. (7)
Secara keseluruhan, buku ini sangat layak dinikmati oleh para pencinta sastra
dunia baik tua ataupun muda.
|
21. Kalimat yang mengungkapkan kelemahan karya buku tersebut ditandai
dengan nomor ….
A.
(3)
B.
(4)
C.
(5)
D.
(6)
22. Rumusan simpulan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A.
(7)
B.
(6)
C.
(5)
D.
(4)
Bacalah teks berikut!
(1) Peristiwa
kehilangan telepon genggam di sekolah bukan sekali dua kali terjadi. (2) Belum lagi persoalan pemanfaatan membawa
telepon genggam ke sekolah menimbulkan kontroversi di masyarakat. (3) Tidak dapat dipungkiri
perkembangan teknologi informasi menempatkan telepon genggam yang semakin
canggih ini sebagai alat yang sangat penting. (4) Telepon genggam bukan hanya sebagai alat komunikasi, melainkan
juga sebagai sumber informasi dan media belajar. (5) Di satu sisi orang tua siswa banyak yang mengkhawatirkan
dampak negatif dari mudahnya teknologi informasi ini untuk mengakses kontens
atau laman yang tidak mendidik. (6)
Akhirnya penggunaan telepon genggaam bergantung pada kekuatan iman dan sikap
mulia penggunanya.
|
23. Pernyataan menentang dalam teks tersebut ditandai dengan
nomor ….
A.
(5)
B.
(4)
C.
(2)
D.
(1)
Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 24 dan 25!
Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia
sebagai makhluk hidup. Jika bosan makan nasi seperti pada umumnya, kita dapat
mencoba alternatif lain dalam mengolah nasi. Yaitu dengan mengoreng nasi yang
lezat. Pembuatannya pun tidak sulit. Sediakan sepiring nasi, sebutir telur,
garam, dua siung bawang merah, 1 siung bawang putih, merica, cabai, minyak,
tomat dan saos. Langkah-langkah pembuatannya pertama, gorenglah irisan
bawang, csbsi, dsn tomat! Kedua, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan!
Ketiga, setelah tercium harum, masukkan telur dan orak-arik hingga matang!
Terakhir masukkan nasi lalu diaduk. Nasi goreng kini siap disajikan.
|
24. Tujuan penulisan teks tersebut adalah …
A.
Mencari alternatif
makanan untuk makhluk hidup.
B.
Menjelaskan cara membuat
nasi goreng yang lezat.
C.
Membuat hasil olahan
makanan yang menggiurkan.
D.
Menciptakan kreasi yang
menggugah selera makan.
25. Persamaan kata disajikan
dalam teks tersebut adalah ….
A.
ditunjukkan
B.
dipamerkan
C.
dihidangkan
D.
disediakan
Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 26 dan 27!
Raden Mas Soewardi Soerjaningrat lahir di
Yogyakarta, 2 Mei 1889, meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69
tahun. Pada usia 40 tahun ia menanggalkan gelar kebangsawanannya agar bisa bergaul
dengan rakyat jelata. Beliau juga mengganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara.
Ki Hajar adalah pendiri Perguruan Taman Siswa. Ki Hajar adalah aktivis
pergerakan kemerdekaan Indonesia. Tanggal kelahirannya diperingati di
Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya,
tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.
|
26. Keistimewaan Ki Hajar Dewantara menurut isi teks tersebut
adalah ….
A.
Lahir dan meninggal di
kota yang sama, Yogyakarta.
B.
Keturunan ningrat Jawa
yang disegani masyarakat.
C.
Menjadi aktivis
pergerakan kemerdekaan Indonesia.
D.
Tanggal lahirnya diperingati
sebagai hari pendidikan.
27. Sikap tokoh yang patut diteladani adalah ….
A.
Mengganti nama agar
terkenal
B.
Bergaul dengan rakyat
jelata
C.
Membuat semboyan hidup
D.
Mendirikan Taman Siswa
Bacalah kedua teks berikut!
Teks
1
Ayam jantan yang memenangkan perkelahian itu dengan
bangganya terbang ke atas atap kandang, dan mengkepak-kepakkan sayapnya,
berkokok dengan sangat bangga dan kerasnya seolah-olah dia ingin memberitahukan
ke seluruh dunia tentang kemenangannya.
“Lihat, siapa yang paling jagi di antara ayam
jantan di hutan ini?” teriaknya. Sementara ayam yang kalah melihatnya dari
tempat persembunyiannya.
Tetapi saat itu seekor burung elang yang terbang di
udara mendengar dan melihatnya Burung elang tersebut akhirnya turun dan
menyambar ayam jantan yang jadi pemenang tadi untuk dimakannya.
|
Teks
2
Di sebuah lubang, ular dan keluarganya kedatangan
landak. Ternyata landak minta izin tinggal sementara di lubang itu. Dengan
ramah ular tidak keberatan menerima landak.
Beberapa hari kemudian, barulah terasa oleh ular
dan keluarganya bahwa duri-duri landak itu sering menusuk kulit ular.
“Ular, kalau kamu dan keluargamu merasa terganggu
duri-duriku, sebaiknya kamu dan keluargamu mencari tempat lain yang lebih
nyaman,” kata landak kepada ular dan keluarganya. Maka ular pun keluar.
Setelah ular keluar, tiba-tiba lubang itu runtuh.
Rupanya gajah menginjak permukaannya tanpa sengaja. Landak pun terperangkap
di dalamnya.
|
28. Perbedaan nilai moral kedua teks tersebut adalah ….
No.
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A
|
Kesombongan membawa kesialan
|
Balasan bagi orang yang
tidak tahu diri
|
B
|
Menghargai keberhasilan
sangat diperlukan
|
Menjaga perasaan orang lain
sangat baik
|
C
|
Menghina bukanlah tindakan
yang baik
|
Hidup itu bergantung pada
nasib
|
D
|
Waspada terhadap bencana
|
Persahabatan sangat berguna
|
Bacalah teks berikut!
(1) Jalan Puisi, demikian judul buku
karya Maman S. Mahayana yang belakangan menjadi bahan pembicaraan di kalangan
para sastrawan, khususnya puisi. (2)
Buku setebal 332 halaman ini diterbitkan oleh Gramedia pada 2016. (3) Buku Jalan Puisi berisi sejarah perjalanan
puisi di Tanah Air hingga tahun 2016. (4)
Maman mengungkapkan catatan dan rekaman terhadap perkembangan puisi ini
dengan runut dan mudah dipahami.
|
29. Kalimat yang menggunakan kata rujukan dalam teks tersebut ditandai
dengan nomor ….
A.
(1) C. (3)
B.
(2) D. (4)
Bacalah teks
berikut!
Sutan Syahrir adalah tokoh
pahlawan dan tokoh yang menginspirasi dunia. Sutan Syahrir lahir di Sumatera
Barat, dan meninggal di Zürich, Swiss, 9 April 1966. Dia merupakan Perdana
Menteri termuda di dunia pada masanya.
Dia adalah sosok yang cerdas, berintergritas tinggi, dan sikap nasionalisme
yang terpendam dalam dirinya. Namanya
digunakan sebagai nama jalan di negara Belanda.
|
30. Kekurangan data teks tersebut adalah ….
A.
alamat rumah
B.
nama istri
C.
tanggal lahir
D.
jabatan formal
Bacalah teks berikut!
Alkisah, si burung bangau bernama Rabus menemukan
sebuah danau yang banyak ikannya. “Wah, bening dan dangkal lagi. Aku akan
mudah menangkap ikan-ikan ini!” dalam hati Rabus gembira. Lalu segeralah ia
menangkap banyak ikan untuk dimakan sendiri dan keluarganya. Setelah
temboloknya penuh, Rabus segera pulang.
Hari belum sore benar, dari arah berlawanan datang
dua ekor bangau lain. Rupanya tetangganya.
“Hai, kamu dari mana, Rabus? Hasil tangkapanmu
banyak benar?” tanya bangau yang kecil.
“Eh, iya nih, tadi ada yang ngasih. Waktu saya akan
ke Selatan, dia melarang, di sana banyak buaya,” sahut Rabus, “Kalian berdua
sebaiknya mencari ke arah Timur, mungkin di sana lebih aman,” kata Rabus agar
kedua tetangganya tidak menemukan danau tadi.
“Baiklah kalau begitu. Kami permisi dulu, rabus!”
kedua bagau itu berbelok ke arah Timur. Rabus tersenyum puas.
|
31. Cuplikan cerita yang memiliki nilai moral yang sama dengan
kutipan teks tersebut adalah …
A.
Malam itu Pak Tuwu si
burung hantu sedang mencicipi masakan istrinya.
“Bagaimana, enak,
Pak?” tanya istrinya berharap.
“Nggak,” jawab Pak
Tuwu.
“Hah? Tidak enak,
tapi kok habis?”
“Hahaha … Kalau
Ibu yang masak, semua jadi nikmat!”
B.
Pak Kajan seekor kambing
bijaksana duduk di kursi goyang kesayangannya. Catus, si kambing nakal
tertunduk di kursi sebelah kiri Pak Kajan, “Ingat, Ayah hanya ingin
kejujuranmu. Rumput yang kamu bawa pulang itu dari mana?”
“Aku dikasih Ibu,
Pak. Tanya saja sama Ibu,” jawabnya.
“Iya, Bu?” seru
Ayah. Ibu mengangguk dari belakang Ayah.
C.
Gagak hitam yang
bernama Gapit itu sudah sampai di sebuah perkebunan kurma. Ia melihat ke segala
arah. Setelah yakin tidak ada yang melihatnya, ia segera menggali gundukan
tanah di bawah pohon kurma. “Biar kusimpan makanan ini di sini, agar nanti aku bisa
makan jika tak ada lagi makanan.”
“Gapit, sedang apa
kau di situ?” tanya Tumis yang datang tiba-tiba.
D.
“Maaf, Nyun, apakah
kamu punya makanan barang sedikit buat anakku yang kelaparan?” Kumil berdiri
menghiba di depan sarang Lanyun.
“Wah, kamu
terlambat datangnya. Kalau dari tadi, aku punya sisa makan kami,” jawab Lanyun
sambil menghalangi sarangnya agar Kumil tidak melihat ke dalam, “Coba kamu
tanya ke tetangga sebelah!” sementara kakinya menahan timbunan makanan agar
tidak keluar. “Baiklah, aku permisi dulu,” Kumil berlalu dengan lapar.
Bacalah teks berikut!
Membaca buku karya Gunawan Adriyanto yang berjudul Belajar Berpikir berasa hambar.
Betapa tidak, buku yang hanya 77 halaman itu disajikan dengan bahasa yang
menggunakan istilah asing dan rumit sangat menyulitkan pemahaman pembacanya. … [32]. Saya menyarankan buku ini
sepertinya hanya cocok untuk dikoleksi penulisnya saja.
|
32. Kalimat yang menunjukkan keunggulan
paling tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A.
Harga buku dengan
ketebalan seperti itu saya rasa tergolong mahal.
B.
Satu hal yang boleh dipuji
adalah ilustrasinya diambil dari fakta sehari-hari.
C.
Betapapun ahlinya si
penulis, namun dia tidak menyusun isi buku dengan runut.
D.
Apalagi kualitas
percetakannya, sangat menyedihkan, halaman sangat mudah lepas.
Bacalah teks berikut!
Internet adalah jaringan komputer yang saling
terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia sehingga dapat
berhubungan atau berkomunikasi. Internet sekarang sudah menjadi salah satu
sumber informasi yang dapat membantu kegiatan manusia.
Selain memberi manfaat positif sebagaimana tersebut
di atas, internet pun dapat menimbulkan dampak negatif. Banyak berita atau
artikel palsu yang meresahkan. Ada pula penipuan jual beli online. Bahkan
bisa terjadi bulying dan penghinaan.
|
33. Ringkasan teks tersebut adalah …
A.
Internet adalah
jaringan komputer yang banyak mengirim artikel palsu kepada para memilik
komputer.
B.
Internet adalah
jaringan komputer yang saling berhubungan antara informasi positif dan
informasi negatif.
C.
Internet adalah
jaringan komputer internasional selain bermanfaat juga menimbulkan dampak
negatif.
D.
Internet adalah
jaringan komputer yang terdiri atas hubungan komunikasi dan dampak positif
kehidupan.
Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal nomor 34 dan 35!
Sampai hari ini peristiwa yang kualami dua tahun
silam itu masih teringat. Aku disapa dua orang laki-laki yang mengendarai
motor. Lalu minta tolong ditunjukkan sebuah alamat dengan mengajak aku
bonceng motor bertiga. Entah bagaimana aku menurut saja saat dipinjam
ponselku dan meminta passwordnya. Setelah mereka pergi membawa ponselku, baru
aku sadar aku telah ditipu. Namun aku masih bersyukur karena cuma ponsel
bukan organ tubuhku.
|
34. Peristiwa yang dialami tokoh dalam teks tersebut adalah ….
A.
Ponsel tokoh diambil penipu
B.
Tokoh naik motor
bertiga
C.
Tokoh menolong penjahat
D.
Dua lelaki menyapa
tokoh
35. Hikmah yang dapat diambil dari peristiwa tersebut adalah ….
A.
kita harus selalu
waspada dan curiga kepada orang lain
B.
Jangan mudah percaya kepada
orang tidak dikenal
C.
Kita semestinya tidak
perlu menolong orang lain
D.
Jangan membawa ponsel
saat naik sepeda motor
Bacalah teks
berikut!
Konsumsi bahan bakar minyak semakin membengkak seiring
dengan bertambahnya jumlah kendaraan di jalan raya. Di sisi lain cadangan bahan
bakar minyak bumi tentu semakin menipis. Para pakar energi dan pemerintah
terus berupaya mencari solusi mengatasi kondisi ini. Tetapi penemuan energi
alternatif saat ini akan kewalahan jika tidak dibarengi kesadaran masyarakat
dalam menggunakan bahan bakar minyak. Untuk subsidi energi tahun 2014 saja
mencapai Rp 297.4 triliun
dengan memperhatikan
realisasi tahun sebelumnya.
|
36. Penjelasan informasi yang terdapat pada teks tersebut adalah
….
A.
Konsumsi bahan bakar
minyak semakin membengkak seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan di jalan
raya.
B.
Para pakar energi dan
pemerintah terus berupaya mencari solusi mengatasi kondisi ini.
C.
Tetapi penemuan energi
alternatif saat ini akan kewalahan jika tidak dibarengi kesadaran masyarakat
dalam menggunakan bahan bakar minyak.
D.
Untuk subsidi energi
tahun 2014 saja mencapai Rp 297.4 triliun dengan memperhatikan realisasi tahun
sebelumnya.
Bacalah teks
berikut!
Kamu pernah merasa kesulitan membuat resume dari penjelasan
gurumu di depan kelas? Sungguh sangat menyebalkan, bukan? Walaupun sudah
konsentrasi menyimak penjelasannya. Sebenarnya ada cara mudah menyusun resume
atau rangkuman uraian gurumu. Nah, berikut ini akan dijelaskan
langkah-langkah penyusunan resume.
|
37. Permasalahan yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah
….
A.
kesulitan konsentrasi
B.
kesulitan membuat resume
C.
kekurangan data resume
D.
kekurangcermatan
pelajar
Bacalah teks berikut!
(1) Kurikulum akan terus berubah mengikuti perkembangan
zaman. (2) Semestinya kurikulum mengandung daya ramal minimal 10 tahun ke
depan. (3) Seperti halnya kurikulum 2013 atau K.13. (4) Kurikulum ini
merupakan jawaban terhadap tuntutan kemajuan zaman.
|
38. Penggunaan huruf yang tidak
tepat terdapat pada kalimat bertanda nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
Bacalah teks berikut!
1) Emosi mereka juga menjadi sensitif dan terkesan
individualis.
2) Akan tetapi, ada juga dampak positifnya jika anak
bermain game online secara
proporsional dan bertanggung jawab.
3) Anak yang kecanduan game online cenderung tidak peduli pada lingkungan sosialnya.
4) Untuk itu, peran orang tua dalam memberi arahan dan
bimbingan sangat diperlukan.
5) Secara umum saya sepakat bahwa game online mengandung dampak negatif.
|
39. Urutan yang tepat agar menjadi teks yang benar adalah ….
A.
5) – 1) – 4) – 3) – 2)
B.
3) – 2) – 3) – 1) – 5)
C.
5) – 3) – 1) – 2) – 4)
D.
3) – 4) – 5) – 2) – 1)
Bacalah teks
berikut!
Mencangkok tanaman
sebenarnya sangat mudah dan murah. Mencangkok sangat menguntungkan karena
hasilnya akan sama komoditasnya dengan tanaman induknya. Mencangkok cukup
menyediakan botol bekas air mineral dan tanah campur pupuk kandang.
Pengerjaannya tidak membutuhkan waktu lama dan tidak menuntut keterampilan
yang mumpuni.
|
40. Perbaikan teks tersebut yang paling tepat adalah ….
A.
Kata tanaman pada
kalimat pertama seharusnya tumbuhan
B.
Kata komoditasnya pada
kalimat kedua seharusnya kualitasnya
C.
Kata mineral pada
kalimat ketiga seharusnya minuman
D.
Kata mumpuni pada
kalimat keempat seharusnya canggih
-=0O0=-
Ujang Kasarung, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar