LEMBAR SOAL UJIAN
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas
|
:
|
IX (sembilan)
|
Hari, Tanggal
|
:
|
|
Waktu
|
:
|
120 menit (07.00-09.00)
|
01. Bacalah teks berikut!
Daya tarik desa ini tidak hanya dari hasil kain
songketnya. Atraksi para wanita dalam menggerakkan alat tenun tradisional
diminati oleh wisatawan baik domestik maupun asing.
|
Makna kata domestik dalam teks tersebut adalah ….
A.
daerah pinggiran
B.
dalam negeri
C.
tempo dulu
D.
wilayah tertinggal
02. Bacalah teks berikut!
Bayam (amaranthus
spp)merupakan tumbuhan yang biasa ditanam dan dikonsumsi daunnya sebagai
sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika, tetapi kini sudah tersebar
di seluruh dunia. Tumbuhan ini terkenal akan kandungan zat besi yang
dibutuhkan manusia.
|
Pertanyaan yang sesuai dengan teks
tersebut adalah ….
A.
Siapakah yang pertama
kali membawa tanaman bayam dari Amerika?
B.
Apakah ada tumbuhan lain
yang sejenis dengan tumbuhan bayam?
C.
Di wilayah manakah
biasanya tanaman jenis bayam tumbuh subur?
D.
Apakah yang dibutuhkan
manusia dengan mengonsumsi bayam?
03. Bacalah teks berikut!
Memanfaatkan pekarangan rumah dapat dilakukan
dengan berbagai cara, salah satunya adalah menanam buah. Menanam buah dapat
dilakukan langsung jika lahan pekarangannya luas. Namun jika sempit, menanam
buah dapat dilakukan di dalam pot. Tanaman buah dalam pot ini dikenal dengan
singkatannya yaitu tabulampot (tanaman buah dalam pot).
Sumber: artikel_uk
|
Pernyataan yang sesuai dengan teks
tersebut adalah ….
A.
Menanam tanaman buah
dalam pot sangat tepat untuk pekarangan yang kurang luas.
B.
Pekarangan yang luas
kurang menguntungkan bila dimanfaatkan untuk berkebun.
C.
Menanam buah dapat dilakukan
langsung dengan menanam biji-atau stek tanaman.
D.
Penggunaan pot untuk
menanam tanaman hias sangat cocok dilakukan pada lahan sempit.
Bacalah teks berikut untuk soal nomor 4 dan 5!
Jenderal Sudirman merupakan sosok pahlawan
nasional. Beliau lahir di Purbalingga, 24 Januari 1916. Sudirman mengenyam
pendidikan keguruan yaitu HIK. Beliau mengajar di SD Muhammadiyah. Beliau rajin
dan aktif di kepramukaan. Bakat kepemimpinannya sudah tampak saat itu. Pada
usia 31 tahun Sudirman diangkat menjadi seorang jenderal. Dengan demikian,
Sudirman menjadi orang termuda dan sekaligus orang pertama yang menjadi
jenderal di Indonesia.
|
04. Keistimewaan tokoh dalam teks tersebut adalah ….
A.
Menjadi pahlawan
nasional Indonesia.
B.
Lahir 24 Januari 1916
di Purbalingga.
C.
Mengenyam pendidikan
keguruan.
D.
Menjadi jenderal
pertama di Indonesia.
05. Sikap yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ….
A.
Beliau mengajar di SD
Muhammadiyah
B.
Usia 31 tahun menjadi
jenderal pertama
C.
Rajin dan aktif di
kepramukaan
D.
Bercita-cita menjadi
guru SD
Bacalah teks berikut, kerjakan soal nomor 6 dan 7!
Raden Ajeng Kartini adalah tokoh emansipasi wanita
Indonesia. Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Pada tahun
1903 ia menikah dengan Bupati Rembang. Sayangnya setahun setelah menikah,
wanita cerdas ini wafat usia muda yaitu usia 25 tahun di Rembang.
(1) Kartini hanya bersekolah formal sampai usia 12
tahun. (2) Namun karena kecer-dasannya, Kartini dapat memanfaatkan masa
sekolahnya dengan baik. (3) Kartini mampu berbahasa Belanda dengan baik. (4) Dengan
kemampuannya itu, Kartini sering mengirim surat ke media yang ada di Belanda.
(5) Kartini memiliki
pandangan-pandangan modern dibandingkan dengan wanita lain sezamannya. (6) Pada
masa itu Kartini dikagumi pemerintah Belanda.
Sumber: Wikipedia
|
06. Judul yang tepat untuk teks tersebut adalah ….
A.
Kartini Rajin Mengirim
Surat
B.
Kartini Tokoh
Emansipasi
C.
Kartini Dikagumi
Belanda
D.
Kartini Wanita Jepara
07. Kalimat yang menyatakan perbandingan pada paragraf kedua teks
tersebut ditandai dengan nomor ….
A.
(2)
B.
(3)
C.
(4)
D.
(5)
08. Bacalah teks berikut!
“Kang, tolong terbangkan aku ke puncak gunung itu!”
Sang Kadal mengharap.
Dengan pongah Pak Burung melirik pada Sang Kadal
yang tiarap di atas batu, “Lalu apa untungnya untukku?”
|
Makna kata pongah pada teks tersebut
adalah ….
A.
Sangat bangga diri
B.
Sangat sombong
C.
kebingungan
D.
Percaya diri
09. Bacalah teks berikut!
Saat berkunjung ke pasar tradisional di kawasan
Kebayoran, pejabat itu menemui seorang pedagang kue basah untuk sekadar
berbincang-bincang.
“Selamat siang, Bu,” sapa pejabat.
“Selamat siang, Pak!” sahut penjual kue sambil
menyambut dengan uluran tangan karena bangga bisa bersalaman dengan pejabat,
dan difoto oleh beberapa wartawan.
|
Makna ungkapan kue basah dalam teks
tersebut adalah ….
A.
kue yang dikukus
B.
kue yang berkuah
C.
kue yang dicetak
D.
kue yang dipanggang
10. Bacalah teks berikut!
Listy langsung berlari setelah mobilnya berhenti di
pekarangan rumah orang tuanya. Bahkan pintu mobilnya dihempaskan begitu
kerasnya. Orang-orang di itu yang sejak mobilnya berbelok sudah berdiri di
pekarangan segera memberi jalan. Listy begitu leluasa masuk dan langsung
menghambur pada tubuh yang terbujur di tengah rumah.
“Ibu!” suaranya menerjang gulita langit, menyeruak
di antara dengung lafaz-lafaz Illahi para hafiz. Namun apalah arti jerit dan
tangis saat itu. Sang Ibu sudah terbujur kaku.
Sumber: cerpen Pulanglah,
Nak!_ UK
|
Bagian teks tersebut merupakan ….
A.
pengenalan
B.
konflik
C.
klimak
D.
penyelesaian
11. Bacalah teks berikut!
Mujair adalah nama orang yang pada tahun 1939
berhasil mengembangbiakkan ikan laut menjadi ikan air …(1)
di Sungai Serang, Blitar. Karena penemuannya itu, nama ikan tersebut … (2) ikan mujair.
|
Kata yang tepat untuk melengkapi
bagian yang rumpang adalah ….
A.
(1) tawar, (2) dinamai
B.
(1) asin, (2) dinamakan
C.
(1) payau, (2) dipanggil
D.
(1) kolam, (2) dijuluki
12. Bacalah teks berikut!
Tanah merupakan komponen penting bagi
keberlangsungan kehidupan di bumi. Tumbuhnan dan organisme memperoleh air dan
nuTrisi dari tanah. ….
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian yang rumpang adalah ….
A.
Itulah asal-usul
manusia dari tanah
B.
Begitu penting peran
tanah bagi kehidupan
C.
Karena itu tanah harus dimiliki
oleh manusia
D.
Selanjutnya tanah
berkembang sepanjang waktu
13. Bacalah kalimat berikut!
Pernahkah Anda mendengar penyakit kangker? Setiap
sel akan mengalami pembelahan. Pembelahan normal merupakan proses yang
dikendalikan oleh gen. Kangker adalah sel-sel yang terus membelah diluar
kendali gen.
Sumber: IPA kelas 9
|
Perbaikan yang paling tepat adalah
….
A.
sel seharusnya cell
B.
pembelahan seharusnya
pemotongan
C.
gen seharusnya jen
D.
kangker seharusnya
kanker
14. Bacalah teks berikut! (kalimat sumbang)
(1) Mereka membuat bak atau menggunakan drum untuk
menampung air hujan dari genting yang disalurkan menggunakan talang. (2) Jika
persediaan air tersebut habis, mereka memanfaatkan pohon pisang yang ditebas sore
hari, lalu tetesan airnya ditampung dalam wadah tertentu. (3) Pisang
merupakan tanaman yang bermanfaaf bagi manusia. (4) Walau tak seberapa,
kira-kira sebanyak air kelapa, air tersebut lebih berharga dibandingkan harus
mengambil ke lembah.
Sumber: artikel_uk
|
Kalimat yang kurang padu/kalimat
sumbang dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
15. Bacalah teks berikut!
Maglev merupakan kependekkan dari magnetically
levitated atau kereta terbang. Kereta maglev
diterbangkan kurang lebih 10 mm di atas relnya. Meskipun kereta dan relnya tidak menempel, kereta super cepat tersebut
mampu melaju hingga 650 km/jam. Maglev tidak akan tergelincir atau jatuh
karena kereta tersebut menggunakan prinsip tolak-menolak magnet. Sementara tenaganya menggunakan motor induksi.
Sumber: IPA kelas 9 hal. 39
|
Kata-kata yang tidak tepat ejaannya
adalah ….
A.
kependekkan
B.
kereta
C.
menempel
D.
magnet
16. Bacalah teks berikut!
Manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat dari
upaya membuat warung hidup adalah pemenuhan gizi keluarga menambah nilai
ekonomis penghijauan dan keindahan
|
Tanda baca yang tepat adalah ….
A.
Manfaat yang dapat
diperoleh oleh masyarakat, dari upaya membuat warung hidup adalah pemenuhan
gizi keluarga, menambah nilai ekonomis, penghijauan dan keindahan.
B.
Manfaat yang dapat
diperoleh oleh masyarakat dari upaya membuat warung hidup adalah: pemenuhan
gizi keluarga; menambah nilai ekonomis; penghijauan dan keindahan.
C.
Manfaat yang dapat
diperoleh oleh masyarakat dari upaya membuat warung hidup, adalah pemenuhan
gizi keluarga, menambah nilai ekonomis, penghijauan dan, keindahan.
D.
Manfaat yang dapat
diperoleh oleh masyarakat dari upaya membuat warung hidup adalah pemenuhan gizi
keluarga, menambah nilai ekonomis, penghijauan, dan keindahan.
17. Bacalah teks berikut!
Merajut sering diidentikkan dengan kegiatan orang
tua. Namun, sebagian besar orang zaman sekarang, pandangan seperti itu sudah
lama pudar. Merajut sudah menjadi tren kaum muda yang jatuh cinta pada
rajutan. Di beberapa kota mulai terbentuk komunitas merajut, misalnya, di
Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.
Sumber \: Prakarya kelas 9
|
Ide pokok teks tersebut adalah ….
A.
Pandangan orang
terhadap kegiatan merajut.
B.
Merajut merupakan
kegiatan orang tua.
C.
Kini merajut sudah
menjadi tren kaum muda.
D.
Komunitas merajut di
beberapa kota.
18. Bacalah teks berikut!
(1) Sekolah yang kreatif dan memiliki budaya cinta
lingkungan akan melakukan upaya pembuatan kolam ikan hias. (2) Hal ini sangat
berguna bagi sekolah dan warganya. (3) Kolam ikan hias selain membuat taman
lebih indah dan asri, juga memberi kesegaran pada lingkungan. (4) Selain itu,
kolam ikan hias juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
Sumber: Bupena Kelas 1
|
Kalimat utama teks tersebut
ditandai dengan nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
19. Bacalah teks berikut!
Curah hujan semertinya menjadi berkah bagi manusia,
bukan menjadi penyebab bencana. Oleh karena itu, kegiatan mengantisipasi
bencana banjir perlu dilakukan sebelum musibah itu terjadi. Secara bergotong
royong penataan lingkungan semestinya dilakukan oleh seluruh warga. Sehingga
bencana banjir semestinya tidak terulang lagi.
|
Simpulan teks tersebut adalah ….
A.
Warga setempat
semestinya bergotong royong mengatasi bencana.
B.
Hujan menjadi berkah
jika warga mengantisipasi bencana sebelumnya.
C.
Curah hujan akan
menjadi penyebab bencana jika hujan turun dengan lebat.
D.
Gotong royong merupakan
sikap yang tepat dalam menghadapi bencana.
20. Bacalah teks berikut!
(1) Setiap hari Senin sekolah-sekolah selalu
menyelenggarakan upacara bendera. (2) Kegiatan rutin ini memang bukan acara
yang popular di kalangan siswa. (3) Tatalaksananya membosankan. (4) Durasinya
juga cukup melelahkan. (5) Apalagi lagi jika pembina upacara memaparkan
persoalan bersifat doktrin, siswa merasa jenuh. (6) Sementara pihak guru
menganggap upacara bendera itu merupakan kegiatan menanamkan rasa cinta pada
bangsa dan negara.
|
Kalimat yang mendukung permasalahan
pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A.
(6)
B.
(5)
C.
(2)
D.
(1)
21. Bacalah teks berikut!
(1) Kurikulum akan terus berubah mengikuti
perkembangan zaman. (2) Bahkan kurikulum semestinya mengandung daya ramal
minimal 10 tahun ke depan. (3) Seperti halnya Kurikulum 2013 atau K.13. (4) Kurikulum
ini merupakan jawaban terhadap tuntutan kemajuan zaman. (5) Materi dan cara
ajar diubahsesuaikan dengan kebutuhan. (6) Media pembelajaran memanfaatkan
kemajuan teknologi informasi. (7) Masyarakat yang peduli pendidikan menyambut
baik penerapan K.13 ini. (8) Di sisi lain sebagian kecil masyarakat bersikap
dingin menyambut kehadiran K.13. (9) Mereka beranggapan kurikulum ini terlalu
terburu-buru dan kurang berpihak pada kebutuhan peserta didik.
Sumber: K.13 Membidik Siapa? – U. Nurochmat
|
Pendapat yang menolak dalam teks
tersebut adalah ….
A.
(3) dan (5)
B.
(6) dan (7)
C.
(4) dan (8)
D.
(8) dan (9)
22. Bacalah teks berikut! (2 paragraf)
Gerhana matahari merupakan peristiwa saat posisi
bulan, matahari dan bumi sejajar dan berada pada garis lurus. Saat itu bulan
akan melintas di antara matahari dan bumi. Untuk beberapa waktu cahaya
matahari ke bumi akan terhalang bayangan bulan. Ketika fase total itu terjadi
bulan menutupi matahari, akan tampak corona matahari akan tampak seperti
menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi bulan. gerhana matahari akan
terjadi selama dua sampai tiga jam. Tetapi gerhana matahari mencapai fase
penuh hanya selama satu setengah sampai tiga menit.
Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa
Nasional LAPAN, Thomas Djamaluddin, melihat gerhana matahari total dapat
menimbulkan kebutaan merupakan mitos modern. Yang benar adalah cahaya matahari
sehari-hari dan ketika gerhana sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari
secara langsung karena dapat membahayakan mata, yaitu retina bisa rusak.
|
Ringkasan yang paling tepat dari
teks tersebut ….
A.
Gerhana matahari
merupakan peristiwa saat posisi bulan, matahari dan bumi sejajar dan berada pada
garis lurus yang dapat membahayakan jika dilihat secara langsung.
B.
Gerhana matahari
merupakan peristiwa saat posisi bulan, matahari dan bumi sejajar dan berada
pada garis lurus yang salah satu bagiannya merupakan fenomena unik.
C.
Gerhana Matahari akan
terjadi selama dua sampai tiga jam, tetapi Gerhana Matahari mencapai fase penuh
hanya selama satu setengah sampai tiga menit.
D.
Gerhana matahari
merupakan peristiwa saat posisi bulan, matahari dan bumi sejajar dan berada
pada garis lurus yang dapat membahayakan bagi penduduk bumi.
23. Bacalah teks berikut! (teks fabel)
Jerapah, gajah, kerbau, kambing, dan berbagai jenis
hewan yang hadir dalam pertemuan itu terdiam saat Sang Raja Rimba mulai
bicara dari atas batu.
“Wahai rakyatku … hari ini aku umumkan pada kalian
bahwa calon penggantiku nanti sudah lahir,”
Saat itu hutan gemuruh riuh rendah oleh teriakan
sanjungan dan sorak kegembiraan.
|
Makna simbol raja rimba pada teks
tersebut adalah ….
A.
hewan paling berani di
hutan
B.
hewan paling besar di
hutan
C.
hewan paling kuat di
hutan
D.
hewan paling buas di
hutan
24. Bacalah teks berikut! (cerpen)
Sejak ibunya sakit dan hanya bisa berbaring, Hasan
menutuskan untuk berhenti bekerja. Ia akan selalu menjaga ibunya. Untuk
kebutuhan sehari-hari Hasan lebih banyak berusaha di rumah. Ia membuka warung
buah tangan kecil-kecilan. Kebetulan rumahnya dilintasan wisata Dieng.
|
Makna simbol buah tangan pada teks tersebut adalah ….
A.
oleh-oleh
B.
hasil produksi
C.
hasil pemberian
D.
kebutuhan pokok
Bacalah teks berikut, gunakan untuk menjawab soal nomor 25,
26, dan 27!
Tak berapa lama Sang Harimau sudah terdengar
aumannya. Sang Rusa dan Sang Kancil sudah menunggu dengan perasaan berdebar
di mulut gua.
“Mana persembahan yang kau janjikan itu?”gertak
Sang Harimau dengan sombongnya.
“Lihatlah ke dalam! Di sudut sana itulah anakku
yang kupersembahkan untukmu!” jawab Sang Rusa, “Tetapi biarkanlah aku pergi
dulu, aku tak tega mendengar tangis anakku saat kau terkam.”
Harimau tak menyahut. Pikirannya tertuju pada
mahluk di pojok gua. Selera dan rasa laparnya sudah tak tertahan lagi.
“Kalau bisa, kaumakan langsung ditelan bulat-bulat
agar tak terdengar lagi tangisannya!” usul Sang Kancil sambil bersiap
meninggalkan tempat itu bersama sang Rusa.
Sang Harimau tanpa membuang waktu lagi, dia terkam
mahluk kecil di pojok gua yang remang-remang itu dan langsung ditelannya.
Dalam sekejap Sang Harimau meronta dan meraung kesakitan. Rupanya yang
disajikan oleh Sang Rusa itu bukan anaknya, melainkan Sang Landak. Tidak
lama, Harimau itu mati. Setelah yakin mati, Sang Landak keluar dari mulut
harimau.
Sumber: Harimau dan Anak
Landak-Ukas
|
25. Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ….
A.
Jangan jahat pada
sesama karena ada balasannya
B.
Biasakan makan tidak
tergesa-gesa agar tak celaka
C.
Hargailah pengorbanan
orang lain agar tidak celaka
D.
Jauhkan diri kita dari
kebiasaan buruk saat bergaul
26. Latar teks tersebut adalah ….
A.
di dalam goa
B.
di depan goa
C.
di tepi sungai
D.
di tepi hutan
27. Tokoh utama teks tersebut adalah ….
A.
Sang Rusa
B.
Sang Kancil
C.
Sang harimau
D.
Sang Landak
Bacalah teks berikut, gunakan untuk menjawab soal nomor 28,
29, dan 30!
(1) “Seharusnya
jauh-jauh hari kalian sudah melakukan hal ini. Jangan malah sudah terjadi
banjir begini, baru bertindak. Percuma!” seru Mas Carmuki dari atas balkon
rumahnya yang tak kena banjir.
(2) Kang
Hambali, Kang Ujang, Om Gito, dan Bang Zai yang berjibaku dalam genangan
banjir menumpukkan karung pasir pada tepi tanggul selokan yang kian rapuh
digerus arusnya.
(3) “Kang
Ujang!” panggil Kang Carmuki, “Jangan ngumpul di situ semua, dong! Tuh lihat
sampah pohon pisang itu mau masuk ke rumahku! Singkirkan!”
(4) “Ini,
Mas?!” tunjuk Kang Ujang sambil tengadah ke arah Mas Carmuki.
(5) “Iya,
cepetan, nanti keburu masuk!” seru Mas Carmuki lagi, matanya terus
memperhatikan Kang Ujang yang mendorong gedebok pisang dari gerbang pintu
rumahnya yang hanya terlihat ujung-ujungnya. Diseruputnya kopi hangat buatan
istrinya. Mbak Suparmi.
Sumber: Rumah di Blok C –
Ukas
|
28. Tema teks tersebut adalah ….
A.
Kebersihan lingkungan
B.
Pengaturan saluran air
C.
Kampung halaman
D.
Tuntutan ekonomi
29. Amanat teks tersebut adalah ….
A.
Jangan suka megatur
kalau kita tidak tahu masalahnya.
B.
Seharusnya warga
melakukan kebersihan lingkungan ketika banjir.
C.
Sebaiknya jangan cuma
bisa bicara, kita harus ikut bergotong royong.
D.
Jangan hanya
memperbaiki tanggul, kita juga harus menjaga kebersihan.
30. Bukti watak tokoh Mas Carmuki hanya bisa mengatur terdapat pada paragraf yang ditandai dengan
nomor ….
A.
(1)-(2)-(4)
B.
(1)-(3)-(5)
C.
(2)-(3)-(5)
D.
(2)-(4)-(5)
31. Bacalah teks berikut!
Sekolah baru saja mendentangkan bel paling merdu
yang dirindukan semua siswa, bel pulang. Virdi dan Dias bergegas keluar kelas
masing-masing. Mereka punya janji akan pergi ke warnet. Mereka mau mengunduh
kisi-kisi ujian sekolah.
“Vir, Dengar! Katanya ada pengarahan dari walikelas
kita masing-masing,”
Virdi langsung memasang tampang asam, “Kamu jangan
bikin sensasi, As!” sergah Virdi sambil menyandarkan punggungnya, “Berarti
tidak jadi, kan?”
“Memang berani bolos?” ledek Dias.
Sumber: Asal Tahu Saja – Ukas
|
Penyebab terjadinya konflik pada
teks tersebut adalah ….
A.
Dias menolak ajakan
Virdi mengunduh kisi-kisi.
B.
Virdi menolak ajakan
Dias ke warnet.
C.
Ada ajakan membolos
bersama-sama.
D.
Ada pengarahan dari
walikelas.
32. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Setelah selesai Salat Subuh, kami melakukan
pendakian ke Puncak Gunung Lembu
2. Pukul 12.30 kami tiba di Stasiun Purwakarta.
3. Sesampainya di sana, kami memasang tenda untuk
bermalam.
4. Pukul 09.30 kami berangkat dari Stasiun Kota
Jakarta.
5. Dengan menggunakan 2 mobil bak terbuka kami menuju
kaki Gunung Lembu.
|
Susunan laporan yang paling tepat
berdasarkan kalimat tersebut adalah ….
A.
1-2-4-5-3
B.
4-3-1-2-5
C.
4-2-5-3-1
D.
1-3-5-2-4
33. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Setelah lunak, hancurkan koran-koran itu dengan
cara disobek-sobek.
2. Bubur kertas kini siap digunakan untuk membuat
karya seni patung
3. Campurkan lem kertas, lalu aduk dengan centong
kayu.
4. Rendamlah seluruh kertas koran pada baskom atau
ember.
5. Jika sudah hancur seperti bubur, kurangi airnya
hingga cukup kental.
|
Urutan langkah-langkah membuat bubur
kertas yang tepat adalah ….
A.
3-5-2-1-4
B.
4-1-5-3-2
C.
4-2-3-5-1
D.
3-4-2-1-5
34. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Siapkan koran bekas dan deterjen cair
2. Basahi permukaan kaca dengan cairan deterjen
3. …. [34]
4. Ulangi pengelapan dengan koran yang masih kering
5. Sekarang kaca jendela rumah menjadi bersih
cemerlang.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
langkah-langkah tersebut adalah ….
A.
Tunggu sebentar hingga
cairan mengering
B.
Lumuri dengan minyak
sebelum mengering.
C.
Lalu segeralah dilap
dengan menggunakan koran.
D.
Siram dengan air bersih
hingga tak ada lagi deterjen
35. Bacalah kalimat yang dirumpangkan salah satu katanya berikut!
Kak Ratih terpaksa tidak ikut audisi di TIM karena
ada … di kampusnya yang tidak bisa ditinggalkannya.
|
Kata yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah ….
A.
sistem
B.
agenda
C.
kaidah
D.
daftar
36. Bacalah kalimat yang dirumpangkan salah satu istilahnya
berikut!
Kamera itu ternyata hanya dapat … dari toko saja,
bukan dari pabrik. Itupun hanya 3 bulan sejak barang dibeli.
|
Istilah yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah ….
A.
resolusi
B.
garansi
C.
reduksi
D.
promosi
37. Bacalah teks berikut! (salah satu penggunaan istilahnya tidak
tepat)
Bumi mengorbit Matahari dalam lintasan elips dengan
jarak rata-rata dari Matahari sejauh 149.500.000 km. Karena lintasan elips
ini, maka jarak antara Bumi dan Matahari selalu berubah. Perselisihan jarak
terdekat dengan jarak terjauh mencapai 5 juta km.
|
Perbaikan istilah yang tidak tepat
pada teks tersebut adalah ….
A.
Perselisihan
B.
elips
C.
lintasan
D.
mengorbit
38. Bacalah kalimat yang belum menggunakan huruf kapital berikut!
hujan deras yang terjadi pada sabtu (26/1) sore
mengakibatkan longsor di desa lempur tengah kecamatan gunung raya kabupaten kerinci,
jambi.
|
Penggunaan huruf kapital yang tepat
adalah ….
A.
Hujan deras yang
terjadi pada sabtu (26/1) sore mengakibatkan longsor di desa Lempur Tengah
kecamatan Gunung Raya kabupaten Kerinci, Jambi.
B.
Hujan deras yang
terjadi pada sabtu (26/1) sore mengakibatkan longsor di Desa Lempur tengah
Kecamatan Gunung raya kabupaten Kerinci, Jambi.
C.
Hujan deras yang
terjadi pada Sabtu (26/1) sore mengakibatkan longsor di Desa Lempur Tengah
Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci, Jambi.
D.
Hujan deras yang
terjadi pada Sabtu (26/1) sore mengakibatkan longsor di Desa Lempur Tengah
kecamatan gunung raya Kabupaten kerinci, Jambi.
39. Bacalah kalimat yang belum menggunakan tanda baca berikut!
Kuala Tungkal ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung
Barat Provinsi Jambi dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan di wilayah
timur Sumatera setelah Batam.
|
Penggunaan tanda koma (,) yang tepat adalah ….
A.
Kuala Tungkal ibu kota
Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi dikenal sebagai salah satu pusat
perbelanjaan di wilayah timur Sumatera setelah Batam.
B.
Kuala Tungkal, ibu kota
Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi dikenal sebagai salah satu pusat
perbelanjaan di wilayah timur Sumatera setelah Batam.
C.
Kuala Tungkal ibu kota
Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi dikenal sebagai salah satu pusat
perbelanjaan di wilayah timur Sumatera, setelah Batam.
D.
Kuala Tungkal, ibu kota
Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, dikenal sebagai salah satu
pusat perbelanjaan, di wilayah timur Sumatera setelah Batam.
40. Bacalah kedua tekks berikut!
Teks
1:
Model pelayanan jasa perkeretaapian di Tanah Air
semakin menjanjikan. Tidak ada lagi acara penumpang rebutan kursi. Tidak ada
pedagang asongan yang mondar-mandir. Pengamen dan pengemis yang begitu
leluasa menjadikan gerbong sebagai pasar berjalan. Apalagi calo karcis yang
suka semena-mena menentukan harga tiket karena pembelian karcis dilakukan
dengan menggunakan KTP secara online.
|
Teks
2:
Selama hampir 6 menit gerhana matahari berlangsung
di sebagian wilayah Indonesia. Fenomena alam ini memang sangatlah langka. Gerhana
matahari tanggal 9 Maret 2016 itu merupakan gerhana yang hanya terjadi di
Indonesia. Gerhana ini juga merupakan gerhana pertama di abad 21.
|
Perbedaan penyajian kedua teks
tersebut adalah ….
TEKS 1
|
TEKS 2
|
|
A
|
Dimulai dengan unsur apa
|
Dimulai dengan unsur kapan
|
B
|
Dimulai dengan unsur siapa
|
Dimulai dengan unsur bagaimana
|
C
|
Dimulai dengan unsur mengapa
|
Dimulai dengan unsur kapan
|
D
|
Dimulai dengan unsur dimana
|
Dimulai dengan unsur siapa
|
41. Bacalah teks ulasan/resensi berikut!
(1) Buku berjudul Bunga Terakhir merupakan buku
kumpulan puisi karya Ganesha Calakan pada tahun 2011. (2) Buku setebal 222
halaman ini dicetak di Solo, Jawa Tengan. (3) Sampulnya menggunakan ilustrasi
GM Sudarta. (4) Buku puisi sangat menarik untuk dibaca karena tema-tema yang
diusung beragam. (5) Kelemahannya hanya pada ukuran font yang terlalu kecil.
Buku ini sudah beredar di masyarakat.
|
Kalimat yang menyatakan keunggulan
karya sastra tersebut adalah ….
A.
(5)
B.
(4)
C.
(3)
D.
(2)
42. Bacalah kedua teks berikut!
Teks
1:
“Nama?” tanya petugas ketus.
“Rosibah Lamokot,” jawab perempuan gempal yang
sejak pagi menahan sakit.
“Sakit apa?”
“Nggak tahu, Mas,”
“Pak!” potong petugas itu lagi.
“Eh, Iya, Pak Mas!” Rosibah Lamokot gugup, “Perut
saya sakit kalau belum makan.”
“Kalau sudah makan?” kejar petugas.
“Nggak, Pak Mas.” Jawab perempuan gemuk dengan
kacamata mirip pantat botol.
Sumber: Oh, Seperti Itu –
Ukas
|
Teks
2:
Kang Oyon sudah sejak matahari terbit membelahi
sebatang kayu jengkol di samping rumahnya. Sang istri memerhatikannya sambil
duduk di ambang pintu. Tangannya mondar-mandir antara rebus singkong dengan
mulut anaknya yang juga duduk di sampingnya. Anak yang oleh ayahnya diberi
nama Esbeye itu sekarang baru berusia setahun 8 bulan. Belum bisa berjalan.
Gigi susunya baru tumbuh dua. Rambutnya kemerahan seperti bulu jagung.
Ingusnya yang hijau kental sebagian sudah mengering di pipinya. Matanya, ya matanya
masih kotor sisa tidur semalam. Dari mulutnya yang menganga menjulur lidah
warna pucat. Air liurnya mengalir di dagunya hingga menetes ke dadanya.
Esbeye yang telanjang tak sadar dari kolong rumahnya yang panggung seekor
ayam mematuk buah pelirnya. Maka pagi itu Kang Oyon dan Bi Ina seperti
disambar petir mendengar jerit anaknya.
Sumber: Esbeye Anak
terminal – Ukas
|
Perbedaan pola pengembangan kedua
teks tersebut adalah ….
A.
Teks 1 karya berupa
drama, teks 2 karya sastra berupa prosa
B.
Teks 1 berlatar di pedesaan,
teks 2 berlatar tempat diperkotaan
C.
Teks 1 disajikan dalam
bentuk percakapan, teks 2 disajikan dalam bentuk uraian
D.
Teks 1 menggunakan kata
rujukan, teks 2 tidak menggunakan kata rujukan
43. Bacalah teks berikut! (cerpen)
“Yang murah, yang murah!” pedagang jeruk itu
teriak-teriak di antara jejeran pedagang di sisi jalan gerbang stasiun.
Seorang ibu tertarik melihat harga jeruk itu.
“Ayo, Bu, masih segar baru diambil pagi ini dari
Pasar Induk!” jelas pedagang.
“Ga bisa kurang, Bang?”
“Ibu cari sepanjang jalan ini, ada yang lebih
murah, saya yang beli!” jawab si Abang dengan logat suku tertentu.
Setelah sekian lama memilih, terkumpullah sekantong
kresek jeruk yang ditimbang lebih dari 1 kg, “Tak mengapa, buat Ibu Cantik,
saya lebihin!” si Abang memasukkan lagi sebuah jeruk.
Pada saat akan mengikat, kantong kresek berisi
jeruk itu diikat di bawah sehingga si ibu terhalang keranjang dagangan. Saat
itulah pedagang itu menukarkan kantong jeruk tadi dengan kantong jeruk yang
sudah disiapkan, yang berisi jeruk-jeruk layu dan busuk.
Sumber: Ini Jakarta, Bung!
– Ukas
|
Komentar yang tepat terhadap isi
teks tersebut adalah ….
A.. Jeruk memang
buah-buahan yang banyak mengandung vitamin.
B. Semestinya ibu itu
tidak membeli jeruk di depan stasiun kereta api.
C. Sudah menjadi tradisi
pedagang berbuat curang terhadap konsumennya.
D. Berdagang tidak jujur,
tentunya tidak akan membawa berkah buat dirinya.
44. Bacalah dialog berikut!
Tanya : Maaf, nama lengkap Bapak siapa?
Jawab : Wawan Junaedi, tapi biasa dipanggil Kang Cimot
Tanya : Tempat dan tanggal lahir?
Jawab : Cililin, Bandung, 7 April 1971
Tanya : Baik,
Pak. Mengapa Bapak terjun ke dunia kerja yang tidak banyak diminati orang?
Jawab : Awalnya
sebenarnya saya sama sekali nggak punya cita-cita jadi tukang ngebersihin
selokan begini. Dulu waktu masih nongkrong di Terminal Ciroyom, cuma duduk
saja saya dapat uang banyak.
Tanya : Nah,
kenapa sekarang berhenti?
Jawab : Ya,
lama-lama saya jadi merasa hidup dibenci orang. Berbuat baik dicurigai. Tetangga,
atau siapa saja pada takut kalau ketemu saya, saya benar-benar preman pensiun
sekarang. Karena merasa berdosa pada masyarakat, maka saya coba menunjukkan
bahwa saya bisa berbuat baik. Ya, begini jadi tukang bersihin comberan walau
ga ada yang bayar.
|
Laporan yang paling sesuai dengan
isi dialog tersebut adalah ….
A.
Wawan Junaedi yang
biasa dipanggil Kang Cimot, lahir di Cililin, Bandung pada 7 April 1971. Lelaki
yang dulu adalah petugas kebersihan di kampungnya. Karena malu, kini berganti
profesi menjadi preman di Ciroyom.
B.
Wawan Junaedi yang
biasa dipanggil Kang Cimot, lahir di Cililin, Bandung pada 7 April 1971. Lelaki
yang dulu dikenal sebagai preman di Terminal Ciroyom, kini berhasil mengajak
warga menjadi sukarelawan di kampungnya.
C.
Wawan Junaedi yang
biasa dipanggil Kang Cimot, lahir di Cililin, Bandung pada 7 April 1971. Lelaki
yang dulu dikenal sebagai preman di Terminal Ciroyom, kini berganti profesi
menjadi sukarelawan pembersih comberan di kampungnya.
D.
Wawan Junaedi yang
biasa dipanggil Kang Cimot, lahir di Bandung pada 4 Juli 1971. Lelaki yang dulu
dikenal sebagai preman di Terminal Ciroyom, kini berganti profesi menjadi
petugas kebersihan dengan gaji pas-pasan.
45. Perhatikan data buku berikut! (terdapat keunggulan dan
kelemahan)
Judul : Pulanglah, Nak! (105 puisi)
Penulis : Ujang
Kasarung
Penerbit : Rose
Book
Kota : Trenggalek
Tahun : xxxiii + 179 halaman
Sampul : Hardcover,
huruf embos
Ilustrasi : ada
|
Keunggulan : berisi
puisi-puisi otentik, khas dalam gaya bahasa, ilustrasi merupakan lukisan
penulis yang menarik
Kelemahan : Cuting
(pemotongan) halam-an tidak sama tiap buku, ada kesalahan ketik tahun.
|
Teks resensi/ulasan yang paling
sesuai dengan data tersebut adalah ….
A.
Buku kumpulan puisi
karya Ujang Kasarung telah terbit. Seperti dugaan kami, buku ini masih
membutuhkan sentuhan keahlian seorang penulis. Mungkin awalnya penulis berharap
bukunya dapat menghipnotis pembaca sastra. Sayang isinya terlalu banyak
mengupas cinta. Buku setebal lebih dari 200 halaman ini berisi 105 biasa-biasa
saja. Buku terbitan Rose Book Trenggalek ini secara fisik memang kurang rapi
pada proses cuting, dan typo. Hal itu jelas mengurangi kualitasnya sebagai buku
yang wajib dibaca.
B.
Buku kumpulan puisi
karya Ujang Kasarung telah terbit. Seperti dugaan kami, buku ini akan menjadi
buku yang berdaya magis terhadap peminat sastra, khususnya puisi. Buku setebal
lebih dari 200 halaman ini berisi 105 puisi otentik. Ujang Kasarung memang memiliki
gaya bahasa dan ilustrasi berbeda dibandingkan dengan penyair lain. Buku
terbitan Rose Book Trenggalek ini secara fisik memang rapi dengan proses
cuting, dan pengetikan yang pas. Namun hal itu tidak menolong pemasaran buku ini.
C.
Buku kumpulan puisi karya
Ujang Kasarung telah terbit. Seperti dugaan kami, buku ini akan menjadi buku
yang berdaya magis terhadap peminat sastra, khususnya puisi. Buku setebal lebih
dari 200 halaman ini berisi 105 puisi otentik. Ujang Kasarung memang memiliki
gaya bahasa dan ilustrasi berbeda dibandingkan dengan penyair lain. Buku
terbitan Rose Book Trenggalek ini secara fisik memang kurang rapi pada proses
cuting, dan typo. Namun hal itu tidak mengurangi kualitasnya sebagai buku yang
wajib dibaca.
D.
Buku kumpulan puisi
karya Ujang Kasarung telah terbit. Terbit di Trengkalek. Buku setebal lebih
dari 200 halaman ini berisi 105. Sayangnya Ujang Kasarung kurang memiliki gaya
bahasa dan ilustrasi sehingga kualitasnya jauh di bawah penyair lain. Buku
terbitan Rose Book Trenggalek ini secara fisik lumayanlah. Sampul hardcover,
huruf embos, atau timbul. Lukisannya juga memberi daya tarik bagi para pelukis
yang akan mengikuti jejaknya. Satu hal yang perlu dikemukakan, bahwa buku ini
kurang layak.
46. Bacalah kalimat berikut!
Para hadirin, di dalam buah mangga mengadung
vitamin C.
|
Perbaikan kata yang kurang tepat
dalam kalimat tersebut adalah ….
A.
Para hadirin, buah
mangga ini mengandung vitamin C.
B.
Para hadirin, dalam
buah mangga ini ada vitamin C
C.
Hadirin, dalam mangga
ini mengandung vitamin C.
D.
Hadirin, buah mangga
ini mengandung vitamin C.
47. Bacalah kalimat berikut!
Saat ini langit kota Jakarta sudah tidak indah
lagi. Hal ini disebabkan langit kota ini sudah tercemar oleh
lampu-lampu kota yang sangat terang. Sehingga status malam hari pun
sudah terlihat seperti siang hari.
|
Penggunaan kata yang tidak tepat adalah … (option disertai alasan)
A.
Kata langit, karena kota manapun tidak ada
yang punya langit.
B.
Kata indah, karena kata tersebut artinya
bukan untuk kota.
C.
Kata tercemar, karena kata tercemar digunakan untu air bukan udara.
D.
Kata status, karena seharusnya menggunakan
kata suasana.
48. Bacalah kalimat berikut!
Besok Anda harus membawa bahan kue pisang Ambon ke
sekolah.
|
Penggunaan ejaan yang tidak tepat adalah ….
A.
Kata Anda seharusnya anda
B.
Kata kue seharusnya Kuwe
C.
Kata Ambon seharusnya ambon
D.
Kata sekolah seharusnya Sekolah
49. Bacalah kalimat berikut!
George belum fasih berbahasa Indonesia, karena umumnya
orang Amerika Serikat, Kanada, Prancis, dan Italia lebih sering menuntut
bangsa kita berbahasa Inggris.
|
Penggunaan tanda baca yang tidak
tepat adalah … (disertai perbaikannya)
A.
Tanda koma (,) setelah kata Kanada karena kata
tersebut diawali huruf kapital sebagai sebutan sebuah negara besar.
B.
Tanda koma (,) setelah kata Indonesia karena tanda
koma tidak digunakan pada kalimat mejemuk bertingkat yang anak kalimatnya
mengikuti induk kalimat.
C.
Tanda koma (,) setelah Amerika Serikat karena kata
tersebut merupakan nama negara yang menggunakan huruf kapital.
D.
Tanda koma (,) setelah kata Prancis karena kata
berikutnya adalah kata sambung “dan” sebagai pengganti tanda baca terutama
tanda koma (,).
50. Bacalah kalimat berikut!
Berdasarkan sistem
operasional yang berlaku,
pembuangan limbah ke sungai akan berisiko
menurunkan kwalitas air.
|
Penggunaan ejaan yang tidak tepat
terdapat pada kata ….
A.
sistem seharusnya sistim
B.
operasional
seharusnya oprasional
C.
berisiko seharusnya beresiko
D.
kwalitas seharusnya kualitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar