Selamat Datang

Sabtu, 29 April 2017

Latihan Ujian Nasional 2017

LEMBAR SOAL UJIAN

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas
:
IX (sembilan)
Hari, Tanggal
:

Waktu
:
120 menit (07.00-09.00)



01.  Bacalah teks berikut!
Daya tarik desa ini tidak hanya dari hasil kain songketnya. Atraksi para wanita dalam menggerakkan alat tenun tradisional diminati oleh wisatawan baik domestik maupun asing.

Makna kata domestik dalam teks tersebut adalah ….
A.    daerah pinggiran
B.     dalam negeri
C.     tempo dulu
D.    wilayah tertinggal

02.  Bacalah teks berikut!
Bayam (amaranthus spp)merupakan tumbuhan yang biasa ditanam dan dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika, tetapi kini sudah tersebar di seluruh dunia. Tumbuhan ini terkenal akan kandungan zat besi yang dibutuhkan manusia.

Pertanyaan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ….
A.    Siapakah yang pertama kali membawa tanaman bayam dari Amerika?
B.     Apakah ada tumbuhan lain yang sejenis dengan tumbuhan bayam?
C.     Di wilayah manakah biasanya tanaman jenis bayam tumbuh subur?
D.    Apakah yang dibutuhkan manusia dengan mengonsumsi bayam?

03.  Bacalah teks berikut!
Memanfaatkan pekarangan rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menanam buah. Menanam buah dapat dilakukan langsung jika lahan pekarangannya luas. Namun jika sempit, menanam buah dapat dilakukan di dalam pot. Tanaman buah dalam pot ini dikenal dengan singkatannya yaitu tabulampot (tanaman buah dalam pot).
Sumber: artikel_uk

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ….
A.    Menanam tanaman buah dalam pot sangat tepat untuk pekarangan yang kurang luas.
B.     Pekarangan yang luas kurang menguntungkan bila dimanfaatkan untuk berkebun.
C.     Menanam buah dapat dilakukan langsung dengan menanam biji-atau stek tanaman.
D.    Penggunaan pot untuk menanam tanaman hias sangat cocok dilakukan pada lahan sempit.

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 4 dan 5!
Jenderal Sudirman merupakan sosok pahlawan nasional. Beliau lahir di Purbalingga, 24 Januari 1916. Sudirman mengenyam pendidikan keguruan yaitu HIK. Beliau mengajar di SD Muhammadiyah. Beliau rajin dan aktif di kepramukaan. Bakat kepemimpinannya sudah tampak saat itu. Pada usia 31 tahun Sudirman diangkat menjadi seorang jenderal. Dengan demikian, Sudirman menjadi orang termuda dan sekaligus orang pertama yang menjadi jenderal di Indonesia.
04.  Keistimewaan tokoh dalam teks tersebut adalah ….
A.    Menjadi pahlawan nasional Indonesia.
B.     Lahir 24 Januari 1916 di Purbalingga.
C.     Mengenyam pendidikan keguruan.
D.    Menjadi jenderal pertama di Indonesia.

05.  Sikap yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ….
A.    Beliau mengajar di SD Muhammadiyah
B.     Usia 31 tahun menjadi jenderal pertama
C.     Rajin dan aktif di kepramukaan
D.    Bercita-cita menjadi guru SD

Bacalah teks berikut, kerjakan soal nomor 6 dan 7!
Raden Ajeng Kartini adalah tokoh emansipasi wanita Indonesia. Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Pada tahun 1903 ia menikah dengan Bupati Rembang. Sayangnya setahun setelah menikah, wanita cerdas ini wafat usia muda yaitu usia 25 tahun di Rembang.
(1) Kartini hanya bersekolah formal sampai usia 12 tahun. (2) Namun karena kecer-dasannya, Kartini dapat memanfaatkan masa sekolahnya dengan baik. (3) Kartini mampu berbahasa Belanda dengan baik. (4) Dengan kemampuannya itu, Kartini sering mengirim surat ke media yang ada di Belanda. (5) Kartini  memiliki pandangan-pandangan modern dibandingkan dengan wanita lain sezamannya. (6) Pada masa itu Kartini dikagumi pemerintah Belanda.
Sumber: Wikipedia

06.  Judul yang tepat untuk teks tersebut adalah ….
A.    Kartini Rajin Mengirim Surat
B.     Kartini Tokoh Emansipasi
C.     Kartini Dikagumi Belanda
D.    Kartini Wanita Jepara

07.  Kalimat yang menyatakan perbandingan pada paragraf kedua teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A.    (2)
B.     (3)
C.     (4)
D.    (5)

08.  Bacalah teks berikut!
“Kang, tolong terbangkan aku ke puncak gunung itu!” Sang Kadal mengharap.
Dengan pongah Pak Burung melirik pada Sang Kadal yang tiarap di atas batu, “Lalu apa untungnya untukku?”

Makna kata pongah pada teks tersebut adalah ….
A.    Sangat bangga diri
B.     Sangat sombong
C.     kebingungan
D.    Percaya diri

09.  Bacalah teks berikut!
Saat berkunjung ke pasar tradisional di kawasan Kebayoran, pejabat itu menemui seorang pedagang kue basah untuk sekadar berbincang-bincang.
“Selamat siang, Bu,” sapa pejabat.
“Selamat siang, Pak!” sahut penjual kue sambil menyambut dengan uluran tangan karena bangga bisa bersalaman dengan pejabat, dan difoto oleh beberapa wartawan.

Makna ungkapan kue basah dalam teks tersebut adalah ….
A.    kue yang dikukus
B.     kue yang berkuah
C.     kue yang dicetak
D.    kue yang dipanggang

10.  Bacalah teks berikut!
Listy langsung berlari setelah mobilnya berhenti di pekarangan rumah orang tuanya. Bahkan pintu mobilnya dihempaskan begitu kerasnya. Orang-orang di itu yang sejak mobilnya berbelok sudah berdiri di pekarangan segera memberi jalan. Listy begitu leluasa masuk dan langsung menghambur pada tubuh yang terbujur di tengah rumah.
“Ibu!” suaranya menerjang gulita langit, menyeruak di antara dengung lafaz-lafaz Illahi para hafiz. Namun apalah arti jerit dan tangis saat itu. Sang Ibu sudah terbujur kaku.
Sumber: cerpen Pulanglah, Nak!_ UK

Bagian teks tersebut merupakan ….
A.    pengenalan
B.     konflik
C.     klimak
D.    penyelesaian

11.  Bacalah teks berikut!
Mujair adalah nama orang yang pada tahun 1939 berhasil mengembangbiakkan ikan laut menjadi ikan air  …(1) di Sungai Serang, Blitar. Karena penemuannya itu, nama ikan tersebut … (2) ikan mujair.
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ….
A.    (1) tawar, (2) dinamai
B.     (1) asin, (2) dinamakan
C.     (1) payau, (2) dipanggil
D.    (1) kolam, (2) dijuluki

12.  Bacalah teks berikut!
Tanah merupakan komponen penting bagi keberlangsungan kehidupan di bumi. Tumbuhnan dan organisme memperoleh air dan nuTrisi dari tanah. ….

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ….
A.    Itulah asal-usul manusia dari tanah
B.     Begitu penting peran tanah bagi kehidupan
C.     Karena itu tanah harus dimiliki oleh manusia
D.    Selanjutnya tanah berkembang sepanjang waktu

13.  Bacalah kalimat berikut!
Pernahkah Anda mendengar penyakit kangker? Setiap sel akan mengalami pembelahan. Pembelahan normal merupakan proses yang dikendalikan oleh gen. Kangker adalah sel-sel yang terus membelah diluar kendali gen.
Sumber: IPA kelas 9

Perbaikan yang paling tepat adalah ….
A.    sel seharusnya cell
B.     pembelahan seharusnya pemotongan
C.     gen seharusnya jen
D.    kangker seharusnya kanker

14.  Bacalah teks berikut! (kalimat sumbang)
(1) Mereka membuat bak atau menggunakan drum untuk menampung air hujan dari genting yang disalurkan menggunakan talang. (2) Jika persediaan air tersebut habis, mereka memanfaatkan pohon pisang yang ditebas sore hari, lalu tetesan airnya ditampung dalam wadah tertentu. (3) Pisang merupakan tanaman yang bermanfaaf bagi manusia. (4) Walau tak seberapa, kira-kira sebanyak air kelapa, air tersebut lebih berharga dibandingkan harus mengambil ke lembah.
Sumber: artikel_uk
Kalimat yang kurang padu/kalimat sumbang dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)

15.  Bacalah teks berikut!
Maglev merupakan kependekkan dari magnetically levitated atau kereta terbang. Kereta maglev diterbangkan kurang lebih 10 mm di atas relnya. Meskipun kereta dan relnya tidak menempel, kereta super cepat tersebut mampu melaju hingga 650 km/jam. Maglev tidak akan tergelincir atau jatuh karena kereta tersebut menggunakan prinsip tolak-menolak magnet. Sementara tenaganya menggunakan motor induksi.
Sumber: IPA kelas 9 hal. 39
Kata-kata yang tidak tepat ejaannya adalah ….
A.    kependekkan
B.     kereta
C.     menempel
D.    magnet
16.  Bacalah teks berikut!
Manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat dari upaya membuat warung hidup adalah pemenuhan gizi keluarga menambah nilai ekonomis penghijauan dan keindahan

Tanda baca yang tepat adalah ….
A.    Manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat, dari upaya membuat warung hidup adalah pemenuhan gizi keluarga, menambah nilai ekonomis, penghijauan dan keindahan.
B.     Manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat dari upaya membuat warung hidup adalah: pemenuhan gizi keluarga; menambah nilai ekonomis; penghijauan dan keindahan.
C.     Manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat dari upaya membuat warung hidup, adalah pemenuhan gizi keluarga, menambah nilai ekonomis, penghijauan dan, keindahan.
D.    Manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat dari upaya membuat warung hidup adalah pemenuhan gizi keluarga, menambah nilai ekonomis, penghijauan, dan keindahan.

17.  Bacalah teks berikut!
Merajut sering diidentikkan dengan kegiatan orang tua. Namun, sebagian besar orang zaman sekarang, pandangan seperti itu sudah lama pudar. Merajut sudah menjadi tren kaum muda yang jatuh cinta pada rajutan. Di beberapa kota mulai terbentuk komunitas merajut, misalnya, di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.
Sumber \: Prakarya kelas 9

Ide pokok teks tersebut adalah ….
A.    Pandangan orang terhadap kegiatan merajut.
B.     Merajut merupakan kegiatan orang tua.
C.     Kini merajut sudah menjadi tren kaum muda.
D.    Komunitas merajut di beberapa kota.

18.  Bacalah teks berikut!
(1) Sekolah yang kreatif dan memiliki budaya cinta lingkungan akan melakukan upaya pembuatan kolam ikan hias. (2) Hal ini sangat berguna bagi sekolah dan warganya. (3) Kolam ikan hias selain membuat taman lebih indah dan asri, juga memberi kesegaran pada lingkungan. (4) Selain itu, kolam ikan hias juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
Sumber: Bupena Kelas 1

Kalimat utama teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)

19.  Bacalah teks berikut!
Curah hujan semertinya menjadi berkah bagi manusia, bukan menjadi penyebab bencana. Oleh karena itu, kegiatan mengantisipasi bencana banjir perlu dilakukan sebelum musibah itu terjadi. Secara bergotong royong penataan lingkungan semestinya dilakukan oleh seluruh warga. Sehingga bencana banjir semestinya tidak terulang lagi.

Simpulan teks tersebut adalah ….
A.    Warga setempat semestinya bergotong royong mengatasi bencana.
B.     Hujan menjadi berkah jika warga mengantisipasi bencana sebelumnya.
C.     Curah hujan akan menjadi penyebab bencana jika hujan turun dengan lebat.
D.    Gotong royong merupakan sikap yang tepat dalam menghadapi bencana.

20.  Bacalah teks berikut!
(1) Setiap hari Senin sekolah-sekolah selalu menyelenggarakan upacara bendera. (2) Kegiatan rutin ini memang bukan acara yang popular di kalangan siswa. (3) Tatalaksananya membosankan. (4) Durasinya juga cukup melelahkan. (5) Apalagi lagi jika pembina upacara memaparkan persoalan bersifat doktrin, siswa merasa jenuh. (6) Sementara pihak guru menganggap upacara bendera itu merupakan kegiatan menanamkan rasa cinta pada bangsa dan negara.

Kalimat yang mendukung permasalahan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A.    (6)
B.     (5)
C.     (2)
D.    (1)

21.  Bacalah teks berikut!
(1) Kurikulum akan terus berubah mengikuti perkembangan zaman. (2) Bahkan kurikulum semestinya mengandung daya ramal minimal 10 tahun ke depan. (3) Seperti halnya Kurikulum 2013 atau K.13. (4) Kurikulum ini merupakan jawaban terhadap tuntutan kemajuan zaman. (5) Materi dan cara ajar diubahsesuaikan dengan kebutuhan. (6) Media pembelajaran memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. (7) Masyarakat yang peduli pendidikan menyambut baik penerapan K.13 ini. (8) Di sisi lain sebagian kecil masyarakat bersikap dingin menyambut kehadiran K.13. (9) Mereka beranggapan kurikulum ini terlalu terburu-buru dan kurang berpihak pada kebutuhan peserta didik.
Sumber: K.13 Membidik Siapa? – U. Nurochmat

Pendapat yang menolak dalam teks tersebut adalah ….
A.    (3) dan (5)
B.     (6) dan (7)
C.     (4) dan (8)
D.    (8) dan (9)

22.  Bacalah teks berikut! (2 paragraf)
Gerhana matahari merupakan peristiwa saat posisi bulan, matahari dan bumi sejajar dan berada pada garis lurus. Saat itu bulan akan melintas di antara matahari dan bumi. Untuk beberapa waktu cahaya matahari ke bumi akan terhalang bayangan bulan. Ketika fase total itu terjadi bulan menutupi matahari, akan tampak corona matahari akan tampak seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi bulan. gerhana matahari akan terjadi selama dua sampai tiga jam. Tetapi gerhana matahari mencapai fase penuh hanya selama satu setengah sampai tiga menit.
Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional LAPAN, Thomas Djamaluddin, melihat gerhana matahari total dapat menimbulkan kebutaan merupakan mitos modern. Yang benar adalah cahaya matahari sehari-hari dan ketika gerhana sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari secara langsung karena dapat membahayakan mata, yaitu retina bisa rusak.

Ringkasan yang paling tepat dari teks tersebut ….
A.    Gerhana matahari merupakan peristiwa saat posisi bulan, matahari dan bumi sejajar dan berada pada garis lurus yang dapat membahayakan jika dilihat secara langsung.
B.     Gerhana matahari merupakan peristiwa saat posisi bulan, matahari dan bumi sejajar dan berada pada garis lurus yang salah satu bagiannya merupakan fenomena unik.
C.     Gerhana Matahari akan terjadi selama dua sampai tiga jam, tetapi Gerhana Matahari mencapai fase penuh hanya selama satu setengah sampai tiga menit.
D.    Gerhana matahari merupakan peristiwa saat posisi bulan, matahari dan bumi sejajar dan berada pada garis lurus yang dapat membahayakan bagi penduduk bumi.

23.  Bacalah teks berikut! (teks fabel)
Jerapah, gajah, kerbau, kambing, dan berbagai jenis hewan yang hadir dalam pertemuan itu terdiam saat Sang Raja Rimba mulai bicara dari atas batu.
“Wahai rakyatku … hari ini aku umumkan pada kalian bahwa calon penggantiku nanti sudah lahir,”
Saat itu hutan gemuruh riuh rendah oleh teriakan sanjungan dan sorak kegembiraan.

Makna simbol raja rimba pada teks tersebut adalah ….
A.    hewan paling berani di hutan
B.     hewan paling besar di hutan
C.     hewan paling kuat di hutan
D.    hewan paling buas di hutan

24.  Bacalah teks berikut! (cerpen)
Sejak ibunya sakit dan hanya bisa berbaring, Hasan menutuskan untuk berhenti bekerja. Ia akan selalu menjaga ibunya. Untuk kebutuhan sehari-hari Hasan lebih banyak berusaha di rumah. Ia membuka warung buah tangan kecil-kecilan. Kebetulan rumahnya dilintasan wisata Dieng.

Makna simbol buah tangan pada teks tersebut adalah ….
A.    oleh-oleh
B.     hasil produksi
C.     hasil pemberian
D.    kebutuhan pokok
Bacalah teks berikut, gunakan untuk menjawab soal nomor 25, 26, dan 27!
Tak berapa lama Sang Harimau sudah terdengar aumannya. Sang Rusa dan Sang Kancil sudah menunggu dengan perasaan berdebar di mulut gua.
“Mana persembahan yang kau janjikan itu?”gertak Sang Harimau dengan sombongnya.
“Lihatlah ke dalam! Di sudut sana itulah anakku yang kupersembahkan untukmu!” jawab Sang Rusa, “Tetapi biarkanlah aku pergi dulu, aku tak tega mendengar tangis anakku saat kau terkam.”
Harimau tak menyahut. Pikirannya tertuju pada mahluk di pojok gua. Selera dan rasa laparnya sudah tak tertahan lagi.
“Kalau bisa, kaumakan langsung ditelan bulat-bulat agar tak terdengar lagi tangisannya!” usul Sang Kancil sambil bersiap meninggalkan tempat itu bersama sang Rusa.
Sang Harimau tanpa membuang waktu lagi, dia terkam mahluk kecil di pojok gua yang remang-remang itu dan langsung ditelannya. Dalam sekejap Sang Harimau meronta dan meraung kesakitan. Rupanya yang disajikan oleh Sang Rusa itu bukan anaknya, melainkan Sang Landak. Tidak lama, Harimau itu mati. Setelah yakin mati, Sang Landak keluar dari mulut harimau.
Sumber: Harimau dan Anak Landak-Ukas

25.  Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ….
A.    Jangan jahat pada sesama karena ada balasannya
B.     Biasakan makan tidak tergesa-gesa agar tak celaka
C.     Hargailah pengorbanan orang lain agar tidak celaka
D.    Jauhkan diri kita dari kebiasaan buruk saat bergaul

26.  Latar teks tersebut adalah ….
A.    di dalam goa
B.     di depan goa
C.     di tepi sungai
D.    di tepi hutan

27.  Tokoh utama teks tersebut adalah ….
A.    Sang Rusa
B.     Sang Kancil
C.     Sang harimau
D.    Sang Landak

Bacalah teks berikut, gunakan untuk menjawab soal nomor 28, 29, dan 30!
(1) “Seharusnya jauh-jauh hari kalian sudah melakukan hal ini. Jangan malah sudah terjadi banjir begini, baru bertindak. Percuma!” seru Mas Carmuki dari atas balkon rumahnya yang tak kena banjir.
(2) Kang Hambali, Kang Ujang, Om Gito, dan Bang Zai yang berjibaku dalam genangan banjir menumpukkan karung pasir pada tepi tanggul selokan yang kian rapuh digerus arusnya.
(3) “Kang Ujang!” panggil Kang Carmuki, “Jangan ngumpul di situ semua, dong! Tuh lihat sampah pohon pisang itu mau masuk ke rumahku! Singkirkan!”
(4) “Ini, Mas?!” tunjuk Kang Ujang sambil tengadah ke arah Mas Carmuki.
(5) “Iya, cepetan, nanti keburu masuk!” seru Mas Carmuki lagi, matanya terus memperhatikan Kang Ujang yang mendorong gedebok pisang dari gerbang pintu rumahnya yang hanya terlihat ujung-ujungnya. Diseruputnya kopi hangat buatan istrinya. Mbak Suparmi.

Sumber: Rumah di Blok C – Ukas

28.  Tema teks tersebut adalah ….
A.    Kebersihan lingkungan
B.     Pengaturan saluran air
C.     Kampung halaman
D.    Tuntutan ekonomi

29.  Amanat teks tersebut adalah ….
A.    Jangan suka megatur kalau kita tidak tahu masalahnya.
B.     Seharusnya warga melakukan kebersihan lingkungan ketika banjir.
C.     Sebaiknya jangan cuma bisa bicara, kita harus ikut bergotong royong.
D.    Jangan hanya memperbaiki tanggul, kita juga harus menjaga kebersihan.

30.  Bukti watak tokoh Mas Carmuki hanya bisa mengatur terdapat pada paragraf yang ditandai dengan nomor ….
A.    (1)-(2)-(4)
B.     (1)-(3)-(5)
C.     (2)-(3)-(5)
D.    (2)-(4)-(5)

31.  Bacalah teks berikut!
Sekolah baru saja mendentangkan bel paling merdu yang dirindukan semua siswa, bel pulang. Virdi dan Dias bergegas keluar kelas masing-masing. Mereka punya janji akan pergi ke warnet. Mereka mau mengunduh kisi-kisi ujian sekolah.
“Vir, Dengar! Katanya ada pengarahan dari walikelas kita masing-masing,”
Virdi langsung memasang tampang asam, “Kamu jangan bikin sensasi, As!” sergah Virdi sambil menyandarkan punggungnya, “Berarti tidak jadi, kan?”
“Memang berani bolos?” ledek Dias.
Sumber: Asal Tahu Saja – Ukas

Penyebab terjadinya konflik pada teks tersebut adalah ….
A.    Dias menolak ajakan Virdi mengunduh kisi-kisi.
B.     Virdi menolak ajakan Dias ke warnet.
C.     Ada ajakan membolos bersama-sama.
D.    Ada pengarahan dari walikelas.
32.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1.      Setelah selesai Salat Subuh, kami melakukan pendakian ke Puncak Gunung Lembu
2.      Pukul 12.30 kami tiba di Stasiun Purwakarta.
3.      Sesampainya di sana, kami memasang tenda untuk bermalam.
4.      Pukul 09.30 kami berangkat dari Stasiun Kota Jakarta.
5.      Dengan menggunakan 2 mobil bak terbuka kami menuju kaki Gunung Lembu.

Susunan laporan yang paling tepat berdasarkan kalimat tersebut adalah ….
A.    1-2-4-5-3
B.     4-3-1-2-5
C.     4-2-5-3-1
D.    1-3-5-2-4

33.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1.      Setelah lunak, hancurkan koran-koran itu dengan cara disobek-sobek.
2.      Bubur kertas kini siap digunakan untuk membuat karya seni patung
3.      Campurkan lem kertas, lalu aduk dengan centong kayu.
4.      Rendamlah seluruh kertas koran pada baskom atau ember.
5.      Jika sudah hancur seperti bubur, kurangi airnya hingga cukup kental.

Urutan langkah-langkah membuat bubur kertas yang tepat adalah ….
A.    3-5-2-1-4
B.     4-1-5-3-2
C.     4-2-3-5-1
D.    3-4-2-1-5

34.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1.      Siapkan koran bekas dan deterjen cair
2.      Basahi permukaan kaca dengan cairan deterjen
3.      …. [34]
4.      Ulangi pengelapan dengan koran yang masih kering
5.      Sekarang kaca jendela rumah menjadi bersih cemerlang.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi langkah-langkah tersebut adalah ….
A.    Tunggu sebentar hingga cairan mengering
B.     Lumuri dengan minyak sebelum mengering.
C.     Lalu segeralah dilap dengan menggunakan koran.
D.    Siram dengan air bersih hingga tak ada lagi deterjen

35.  Bacalah kalimat yang dirumpangkan salah satu katanya berikut!
Kak Ratih terpaksa tidak ikut audisi di TIM karena ada … di kampusnya yang tidak bisa ditinggalkannya.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A.    sistem
B.     agenda
C.     kaidah
D.    daftar
36.  Bacalah kalimat yang dirumpangkan salah satu istilahnya berikut!
Kamera itu ternyata hanya dapat … dari toko saja, bukan dari pabrik. Itupun hanya 3 bulan sejak barang dibeli. 
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A.    resolusi
B.     garansi
C.     reduksi
D.    promosi

37.  Bacalah teks berikut! (salah satu penggunaan istilahnya tidak tepat)
Bumi mengorbit Matahari dalam lintasan elips dengan jarak rata-rata dari Matahari sejauh 149.500.000 km. Karena lintasan elips ini, maka jarak antara Bumi dan Matahari selalu berubah. Perselisihan jarak terdekat dengan jarak terjauh mencapai 5 juta km.
Perbaikan istilah yang tidak tepat pada teks tersebut adalah ….
A.    Perselisihan
B.     elips
C.     lintasan
D.    mengorbit

38.  Bacalah kalimat yang belum menggunakan huruf kapital berikut!
hujan deras yang terjadi pada sabtu (26/1) sore mengakibatkan longsor di desa lempur tengah kecamatan gunung raya kabupaten kerinci, jambi.


Penggunaan huruf kapital yang tepat adalah ….
A.    Hujan deras yang terjadi pada sabtu (26/1) sore mengakibatkan longsor di desa Lempur Tengah kecamatan Gunung Raya kabupaten Kerinci, Jambi.
B.     Hujan deras yang terjadi pada sabtu (26/1) sore mengakibatkan longsor di Desa Lempur tengah Kecamatan Gunung raya kabupaten Kerinci, Jambi.
C.     Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (26/1) sore mengakibatkan longsor di Desa Lempur Tengah Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci, Jambi.
D.    Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (26/1) sore mengakibatkan longsor di Desa Lempur Tengah kecamatan gunung raya Kabupaten kerinci, Jambi.

39.  Bacalah kalimat yang belum menggunakan tanda baca berikut!
Kuala Tungkal ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan di wilayah timur Sumatera setelah Batam.

Penggunaan tanda koma (,) yang tepat adalah ….
A.    Kuala Tungkal ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan di wilayah timur Sumatera setelah Batam.
B.     Kuala Tungkal, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan di wilayah timur Sumatera setelah Batam.
C.     Kuala Tungkal ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan di wilayah timur Sumatera, setelah Batam.
D.    Kuala Tungkal, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan, di wilayah timur Sumatera setelah Batam.
40.  Bacalah kedua tekks berikut!
Teks 1:
Model pelayanan jasa perkeretaapian di Tanah Air semakin menjanjikan. Tidak ada lagi acara penumpang rebutan kursi. Tidak ada pedagang asongan yang mondar-mandir. Pengamen dan pengemis yang begitu leluasa menjadikan gerbong sebagai pasar berjalan. Apalagi calo karcis yang suka semena-mena menentukan harga tiket karena pembelian karcis dilakukan dengan menggunakan KTP secara online.
Teks 2:
Selama hampir 6 menit gerhana matahari berlangsung di sebagian wilayah Indonesia. Fenomena alam ini memang sangatlah langka. Gerhana matahari tanggal 9 Maret 2016 itu merupakan gerhana yang hanya terjadi di Indonesia. Gerhana ini juga merupakan gerhana pertama di abad 21.
Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ….

TEKS 1
TEKS 2
A
Dimulai dengan unsur apa
Dimulai dengan unsur kapan
B
Dimulai dengan unsur siapa
Dimulai dengan unsur bagaimana
C
Dimulai dengan unsur mengapa
Dimulai dengan unsur kapan
D
Dimulai dengan unsur dimana
Dimulai dengan unsur siapa

41.  Bacalah teks ulasan/resensi berikut!
(1) Buku berjudul Bunga Terakhir merupakan buku kumpulan puisi karya Ganesha Calakan pada tahun 2011. (2) Buku setebal 222 halaman ini dicetak di Solo, Jawa Tengan. (3) Sampulnya menggunakan ilustrasi GM Sudarta. (4) Buku puisi sangat menarik untuk dibaca karena tema-tema yang diusung beragam. (5) Kelemahannya hanya pada ukuran font yang terlalu kecil. Buku ini sudah beredar di masyarakat.
Kalimat yang menyatakan keunggulan karya sastra tersebut adalah ….
A.    (5)
B.     (4)
C.     (3)
D.    (2)
42.  Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1:
“Nama?” tanya petugas ketus.
“Rosibah Lamokot,” jawab perempuan gempal yang sejak pagi menahan sakit.
“Sakit apa?”
“Nggak tahu, Mas,”
“Pak!” potong petugas itu lagi.
“Eh, Iya, Pak Mas!” Rosibah Lamokot gugup, “Perut saya sakit kalau belum makan.”
“Kalau sudah makan?” kejar petugas.
“Nggak, Pak Mas.” Jawab perempuan gemuk dengan kacamata mirip pantat botol.

Sumber: Oh, Seperti Itu – Ukas
Teks 2:
Kang Oyon sudah sejak matahari terbit membelahi sebatang kayu jengkol di samping rumahnya. Sang istri memerhatikannya sambil duduk di ambang pintu. Tangannya mondar-mandir antara rebus singkong dengan mulut anaknya yang juga duduk di sampingnya. Anak yang oleh ayahnya diberi nama Esbeye itu sekarang baru berusia setahun 8 bulan. Belum bisa berjalan. Gigi susunya baru tumbuh dua. Rambutnya kemerahan seperti bulu jagung. Ingusnya yang hijau kental sebagian sudah mengering di pipinya. Matanya, ya matanya masih kotor sisa tidur semalam. Dari mulutnya yang menganga menjulur lidah warna pucat. Air liurnya mengalir di dagunya hingga menetes ke dadanya. Esbeye yang telanjang tak sadar dari kolong rumahnya yang panggung seekor ayam mematuk buah pelirnya. Maka pagi itu Kang Oyon dan Bi Ina seperti disambar petir mendengar jerit anaknya.
Sumber: Esbeye Anak terminal – Ukas

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah ….
A.    Teks 1 karya berupa drama, teks 2 karya sastra berupa prosa
B.     Teks 1 berlatar di pedesaan, teks 2 berlatar tempat diperkotaan
C.     Teks 1 disajikan dalam bentuk percakapan, teks 2 disajikan dalam bentuk uraian
D.    Teks 1 menggunakan kata rujukan, teks 2 tidak menggunakan kata rujukan

43.  Bacalah teks berikut! (cerpen)
“Yang murah, yang murah!” pedagang jeruk itu teriak-teriak di antara jejeran pedagang di sisi jalan gerbang stasiun. Seorang ibu tertarik melihat harga jeruk itu.
“Ayo, Bu, masih segar baru diambil pagi ini dari Pasar Induk!” jelas pedagang.
“Ga bisa kurang, Bang?”
“Ibu cari sepanjang jalan ini, ada yang lebih murah, saya yang beli!” jawab si Abang dengan logat suku tertentu.
Setelah sekian lama memilih, terkumpullah sekantong kresek jeruk yang ditimbang lebih dari 1 kg, “Tak mengapa, buat Ibu Cantik, saya lebihin!” si Abang memasukkan lagi sebuah jeruk.
Pada saat akan mengikat, kantong kresek berisi jeruk itu diikat di bawah sehingga si ibu terhalang keranjang dagangan. Saat itulah pedagang itu menukarkan kantong jeruk tadi dengan kantong jeruk yang sudah disiapkan, yang berisi jeruk-jeruk layu dan busuk.
Sumber: Ini Jakarta, Bung! – Ukas

Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah ….
                       A.Jeruk memang buah-buahan yang banyak mengandung vitamin.
                      B.  Semestinya ibu itu tidak membeli jeruk di depan stasiun kereta api.      
                      C.  Sudah menjadi tradisi pedagang berbuat curang terhadap konsumennya.
               D.   Berdagang tidak jujur, tentunya tidak akan membawa berkah buat dirinya.
44.  Bacalah dialog berikut!
Tanya         :  Maaf, nama lengkap Bapak siapa?
Jawab        :  Wawan Junaedi, tapi biasa dipanggil Kang Cimot
Tanya         :  Tempat dan tanggal lahir?
Jawab        :  Cililin, Bandung, 7 April 1971
Tanya         :  Baik, Pak. Mengapa Bapak terjun ke dunia kerja yang tidak banyak diminati orang?
Jawab        :  Awalnya sebenarnya saya sama sekali nggak punya cita-cita jadi tukang ngebersihin selokan begini. Dulu waktu masih nongkrong di Terminal Ciroyom, cuma duduk saja saya dapat uang banyak.
Tanya         :  Nah, kenapa sekarang berhenti?
Jawab        :  Ya, lama-lama saya jadi merasa hidup dibenci orang. Berbuat baik dicurigai. Tetangga, atau siapa saja pada takut kalau ketemu saya, saya benar-benar preman pensiun sekarang. Karena merasa berdosa pada masyarakat, maka saya coba menunjukkan bahwa saya bisa berbuat baik. Ya, begini jadi tukang bersihin comberan walau ga ada yang bayar.

Laporan yang paling sesuai dengan isi dialog tersebut adalah ….
A.    Wawan Junaedi yang biasa dipanggil Kang Cimot, lahir di Cililin, Bandung pada 7 April 1971. Lelaki yang dulu adalah petugas kebersihan di kampungnya. Karena malu, kini berganti profesi menjadi preman di Ciroyom.
B.     Wawan Junaedi yang biasa dipanggil Kang Cimot, lahir di Cililin, Bandung pada 7 April 1971. Lelaki yang dulu dikenal sebagai preman di Terminal Ciroyom, kini berhasil mengajak warga menjadi sukarelawan di kampungnya.
C.     Wawan Junaedi yang biasa dipanggil Kang Cimot, lahir di Cililin, Bandung pada 7 April 1971. Lelaki yang dulu dikenal sebagai preman di Terminal Ciroyom, kini berganti profesi menjadi sukarelawan pembersih comberan di kampungnya.
D.    Wawan Junaedi yang biasa dipanggil Kang Cimot, lahir di Bandung pada 4 Juli 1971. Lelaki yang dulu dikenal sebagai preman di Terminal Ciroyom, kini berganti profesi menjadi petugas kebersihan dengan gaji pas-pasan.
  
45.  Perhatikan data buku berikut! (terdapat keunggulan dan kelemahan)
Judul                :  Pulanglah, Nak! (105 puisi)
Penulis             :  Ujang Kasarung
Penerbit           :  Rose Book
Kota                 :  Trenggalek
Tahun               :  xxxiii + 179 halaman
Sampul             :  Hardcover, huruf embos
Ilustrasi            :  ada
Keunggulan     :  berisi puisi-puisi otentik, khas dalam gaya bahasa, ilustrasi merupakan lukisan penulis yang menarik
Kelemahan       :  Cuting (pemotongan) halam-an tidak sama tiap buku, ada kesalahan ketik tahun.

Teks resensi/ulasan yang paling sesuai dengan data tersebut adalah ….
A.    Buku kumpulan puisi karya Ujang Kasarung telah terbit. Seperti dugaan kami, buku ini masih membutuhkan sentuhan keahlian seorang penulis. Mungkin awalnya penulis berharap bukunya dapat menghipnotis pembaca sastra. Sayang isinya terlalu banyak mengupas cinta. Buku setebal lebih dari 200 halaman ini berisi 105 biasa-biasa saja. Buku terbitan Rose Book Trenggalek ini secara fisik memang kurang rapi pada proses cuting, dan typo. Hal itu jelas mengurangi kualitasnya sebagai buku yang wajib dibaca.
B.     Buku kumpulan puisi karya Ujang Kasarung telah terbit. Seperti dugaan kami, buku ini akan menjadi buku yang berdaya magis terhadap peminat sastra, khususnya puisi. Buku setebal lebih dari 200 halaman ini berisi 105 puisi otentik. Ujang Kasarung memang memiliki gaya bahasa dan ilustrasi berbeda dibandingkan dengan penyair lain. Buku terbitan Rose Book Trenggalek ini secara fisik memang rapi dengan proses cuting, dan pengetikan yang pas. Namun hal itu tidak menolong pemasaran buku ini.
C.     Buku kumpulan puisi karya Ujang Kasarung telah terbit. Seperti dugaan kami, buku ini akan menjadi buku yang berdaya magis terhadap peminat sastra, khususnya puisi. Buku setebal lebih dari 200 halaman ini berisi 105 puisi otentik. Ujang Kasarung memang memiliki gaya bahasa dan ilustrasi berbeda dibandingkan dengan penyair lain. Buku terbitan Rose Book Trenggalek ini secara fisik memang kurang rapi pada proses cuting, dan typo. Namun hal itu tidak mengurangi kualitasnya sebagai buku yang wajib dibaca.
D.    Buku kumpulan puisi karya Ujang Kasarung telah terbit. Terbit di Trengkalek. Buku setebal lebih dari 200 halaman ini berisi 105. Sayangnya Ujang Kasarung kurang memiliki gaya bahasa dan ilustrasi sehingga kualitasnya jauh di bawah penyair lain. Buku terbitan Rose Book Trenggalek ini secara fisik lumayanlah. Sampul hardcover, huruf embos, atau timbul. Lukisannya juga memberi daya tarik bagi para pelukis yang akan mengikuti jejaknya. Satu hal yang perlu dikemukakan, bahwa buku ini kurang layak.

46.  Bacalah kalimat berikut!
Para hadirin, di dalam buah mangga mengadung vitamin C.

Perbaikan kata yang kurang tepat dalam kalimat tersebut adalah ….
A.    Para hadirin, buah mangga ini mengandung vitamin C.
B.     Para hadirin, dalam buah mangga ini ada vitamin C
C.     Hadirin, dalam mangga ini mengandung vitamin C.
D.    Hadirin, buah mangga ini mengandung vitamin C.
  
47.  Bacalah kalimat berikut!
Saat ini langit kota Jakarta sudah tidak indah lagi. Hal ini disebabkan langit kota ini sudah tercemar oleh lampu-lampu kota yang sangat terang. Sehingga status malam hari pun sudah terlihat seperti siang hari.

Penggunaan kata yang tidak tepat adalah … (option disertai alasan)
A.    Kata langit, karena kota manapun tidak ada yang punya langit.
B.     Kata indah, karena kata tersebut artinya bukan untuk kota.
C.     Kata tercemar, karena kata tercemar digunakan untu air bukan udara.
D.    Kata status, karena seharusnya menggunakan kata suasana.

48.  Bacalah kalimat berikut!
Besok Anda harus membawa bahan kue pisang Ambon ke sekolah.

Penggunaan ejaan yang tidak tepat adalah ….
A.    Kata Anda seharusnya anda
B.     Kata kue seharusnya Kuwe
C.     Kata Ambon seharusnya ambon
D.    Kata sekolah seharusnya Sekolah

49.  Bacalah kalimat berikut!
George belum fasih berbahasa Indonesia, karena umumnya orang Amerika Serikat, Kanada, Prancis, dan Italia lebih sering menuntut bangsa kita berbahasa Inggris.
Penggunaan tanda baca yang tidak tepat adalah … (disertai perbaikannya)
A.    Tanda koma (,) setelah kata Kanada karena kata tersebut diawali huruf kapital sebagai sebutan sebuah negara besar.
B.     Tanda koma (,) setelah kata Indonesia karena tanda koma tidak digunakan pada kalimat mejemuk bertingkat yang anak kalimatnya mengikuti induk kalimat.
C.     Tanda koma (,) setelah Amerika Serikat karena kata tersebut merupakan nama negara yang menggunakan huruf kapital.
D.    Tanda koma (,) setelah kata Prancis karena kata berikutnya adalah kata sambung “dan” sebagai pengganti tanda baca terutama tanda koma (,).

50.  Bacalah kalimat berikut!
Berdasarkan sistem operasional yang berlaku, pembuangan limbah ke sungai akan berisiko menurunkan kwalitas air.

Penggunaan ejaan yang tidak tepat terdapat pada kata ….
A.    sistem seharusnya sistim
B.     operasional seharusnya oprasional
C.     berisiko seharusnya beresiko

D.    kwalitas seharusnya kualitas

Tidak ada komentar: